Survei Charta Politika: Elektabilitas Prabowo Unggul di Jabar, Anies Baswedan Mengekor

- Kamis, 14 Juli 2022 | 15:18 WIB
Kiri: Prabowo (Instagram/@prabowo), kanan: Anies Baswedan (Instagram/@aniesbaswedan).
Kiri: Prabowo (Instagram/@prabowo), kanan: Anies Baswedan (Instagram/@aniesbaswedan).

Lembaga survei Charta Politika mengeluarkan hasil temuan terbaru mengenai elektabilitas calon presiden di wilayah Jawa Barat. Hasilnya nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada paling atas dipilih masyarakat Jawa Barat sebagai calon presiden.

Berdasarkan data survei Charta Politika, sebanyak 26,9 persen masyarakat Jawa Barat memilih Prabowo dan menempatkannya di posisi nomor wahid.

Di posisi kedua ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan elektabilitasnya sebesar 22,0 persen. Untuk posisi ketiga yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebesar 19,5 persen.

“Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi, diikuti Anies Baswedan, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo,” kata ucap Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya dalam hasil surveinya yang dibagikan kepada wartawan, Kamis (14/7/2022).

Baca Juga: Puan Ikuti "Jejak" Prabowo Seperti Kunjungi Ponpes Buntet, Terkait Pilpres?

Posisi keempat ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 15,2 persen. Di tempat kelima ada Ketua Umum partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mendapat 2,9 persen.

Setelah itu terdapat nama Menparekraf Sandiaga Uno dengan elektabilitas 2,3 persen, kemudian Ketua Umum partai Golkar Airlangga Hartarto 1,8 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 1,3 persen, Ketua DPR Puan Maharani 0,7 persen dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 0,3 persen.

Sekedar informasi Survei Charta Politika Indonesia digelar di Jawa Barat, pada 24-30 Juni 2022. Jumlah responden survei sebanyak 1200 di setiap provinsi. 

Untuk metodologi survei menggunakan multistage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen. Margin of error survei kurang lebih 2,83 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X