Saat Negara Lain Sibuk Debat soal Vaksinasi, Indonesia Dinilai Sukses Lewati Keadaan Sulit

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:13 WIB
Petugas memeriksa kesehatan penerima vaksin COVID-19. (ANTARA/Syifa Yulinnas)
Petugas memeriksa kesehatan penerima vaksin COVID-19. (ANTARA/Syifa Yulinnas)

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menyebut jika Indonesia berhasil lolos dari masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 berkepanjangan dan krisis perekonomian global buntut konflik geopolitik Rusia dan Ukraina.

Salah satu penyebabnya karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) serius mengatasi keadaan tersebut.

“Pemerintah sungguh-sungguh dalam bekerja. Presiden Jokowi sangat serius dalam mengatasi keadaan bahkan bisa membantu negara lain dalam kondisi sulit ini," kata Muhaimin dalam keterangannya, Kamis (18/8/2022).

Cak Imin—sapaan akrab Muhaimin—menuturkan jika faktor kedua yang membuat Indonesia tetap kokoh, para tokoh masyarakat, pemimpin umat, pemimpin organisasi kemasyarakatan, para kiai, pengasuh pesantren dan lainnya, semua bahu membahu mendukung pelaksanaan pembangunan.

“Dan yang terpenting, rakyat, masyarakat bahu membahu mengatasi masa-masa sulit," ucapnya.

Cak Imin mencontohkan, ketika pemerintah membuat aturan tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat puncak pandemi Covid-19, beberapa waktu lalu, masyarakat taat menjalankan semua aturan yang dibuat pemerintah sehingga penanganan Covid-19 relatif sukses.

“Para tokoh masyarakat, para kyai juga membantu pemerintah meyakinkan jamaahnya dalam program vaksinasi. Ketika negara lain masih berdebat soal vaksinasi, atas peran para kiai, ulama, vaksinasi di Indonesia sukses," katanya.

Faktor ketiga, kata Cak Imin, seluruh komponen bangsa bersatu sehingga Indonesia tetap kokoh, kuat dan kompak. Lebih jauh Cak Imin  berujar kondisi yang dialami Indonesia justru berbeda dengan sejumlah negara.

Dia bilang bilang sejumlah negara tidak mampu menghadapi kondisi sulit yang terjadi saat ini. Salah satunya Srilangka yang dinyatakan sebagai negara bangkrut.

“Negara tetangga kita, Sri Lanka menjadi negara bangkrut dan ada ratusan negara lain yang juga terancam bangkrut. Alhamdulillah, di bawah semua ancaman itu, Indonesia masih kuat, masih kokoh, masih bisa tegak berdiri," ucapnya.

BACA JUGA: Klaim Dapat Restu Jokowi untuk Maju di Pilpres 2024, Cak Imin: Pasti Dukung Semua Calon

Karena itu Cak Imin mengajak para santri untuk menyiapkan diri menjadi generasi Indonesia yang kokoh dan percaya diri untuk mengisi pembangunan nasional.

“Saya yakin Indonesia akan maju, sejahtera bersama kaum santri. Doakan mulai 2024, kita dorong anggaran negara kita prioritaskan pada kaum muda, dan kaum muda terbesar adalah para santri," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X