Klaim Banyak Tokoh yang Mau Gabung PDIP, Sekjen: Kita Prioritaskan Kader Non Partai

- Rabu, 22 Juni 2022 | 18:56 WIB
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (ANTARA/Rivan Awal Lingga)
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut bilamana banyak tokoh bangsa yang ingin bergabung ke dalam PDIP. Namun, kata Hasto, partai berlambang kepala banteng itu lebih mengutamakan sosok independen dibandingkan politikus dari partai politik lain.

"Ya, ada yang dari independen, kami lebih prioritas yang dari non partai, lah. Kalau dari sesama partai, ya, kami jaga hubungan baik," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022).

Meski begitu, kata Hasto, PDIP akan menyeleksi ketat tokoh yang akan bergabung. Misalnya, PDIP memastikan tokoh yang kepengin bergabung atas inisiatif sendiri dan tidak dilandasi ancaman.

Setelah itu Hasto menyampaikan bilamana PDIP bakal memberikan pembekalan kepada tokoh yang mau bergabung. Mulai dari pengetahuan AD/ART hingga ideologi.

"Kami latih dahulu, setelah dilatih kami tanya, apa betul mau bergabung ke PDIP. Kami hati-hati dari hal tersebut. Apakah motifnya untuk bergabung ke PDIP. Bagaimana ad/art, bagaimana pemahaman terhadap ideologi, itu kami ajarkan," jelas Hasto.

BACA JUGA: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas PDIP Tetap Teratas, Demokrat-Golkar Alami Kenaikan

Namun, PDIP disebutnya tidak terburu-buru menerima tokoh ketika yang bersangkutan berasal dari parpol lain. PDIP, kata Hasto, akan menyarankan kader partai lain yang mau menyeberang, bisa menyelesaikan masalah di tempat sebelumnya.

"Kalau ada masalah di internal, mbok, ya, di selesaikan dahulu masalah internal, itu PDI Perjuangan, bukan malah kemudian justru memperbesar masalah-masalah internal dari partai lain, karena kami tidak bermaksud dan tidak suka intervensi kedaulatan partai politik," tutup Hasto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X