The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Erick Thohir Dorong BNI Siapkan Logistik Hub untuk Restoran Indonesia di Belanda
Menteri BUMN Erick Thohir (Twitter/erickthohir)
News

Erick Thohir Dorong BNI Siapkan Logistik Hub untuk Restoran Indonesia di Belanda

Optimalkan potensi usaha diaspora Indonesia.

Senin, 05 September 2022 14:00 WIB 05 September 2022, 14:00 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI mengoptimalkan potensi usaha para diaspora Indonesia di Belanda. Erick menyampaikan, diaspora Indonesia punya potensi besar bidang kuliner di Belanda.

"Tujuan BNI dengan kantor representatif Amsterdam ini untuk merajut kembali diaspora-diaspora yang merupakan potensi pertumbuhan ekonomi kita ke depan, enggak boleh ditinggalkan," ujar Erick Thohir saat mengunjungi Kantor Representatif BNI Amsterdam di Gedung World Trade Center (WTC) di area Zuidas, Amsterdam, Belanda, Jumat, 2 September 2022.

Erick Thohir menyebut, terdapat 420 diaspora Indonesia yang memiliki usaha restoran di Belanda. Erick ingin BNI membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan bahan baku dalam usaha mereka.

Menurut Erick, keberadaan bahan baku makanan Indonesia menjadi sebuah keharusan bagi para pelaku usaha. Dengan begitu, para pelaku usaha bisa memperoleh bahan baku asli Indonesia dengan harga yang terjangkau.

"Jadi isunya ini BNI membangun sinergitas dengan 420 usaha. Bagaimana kita bantu restoran punya logistik hub," ucap Erick.

Erick Thohir menyebutkan, hal ini sejalan dengan transformasi BNI menjadi bank internasional Indonesia dalam mengembangkan jaringan di luar negeri, termasuk yang telah terbangun selama ini, guna mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri dan dunia. Erick Thohir ingin BNI membawa pelaku usaha Indonesia masuk ke level kompetisi yang lebih tinggi yakni kancah global.

"Ini kesempatan bagi kita dalam menyinergikan kesempatan para diaspora. Ini yang saya minta BNI ke depan menyiapkan potensi yang sesuai dengan karakteristik dan kondisi di setiap negara, apakah AS, Inggris, dan Belanda. Tentu jangan disamaratakan karena setiap negara potensinya beda-beda," kata Erick.

Erick Thohir
Erick Thohir Dorong BNI Siapkan Logistik Hub untuk Restoran Indonesia di Belanda (istimewa)

Direktur Treasury BNI Putrama Wahju Setyawan mengatakan, Kantor Representatif BNI Amsterdam berfungsi menjadi jembatan bagi diaspora untuk mendapatkan layanan diaspora lending, business matching untuk membantu peningkatan ekspor UMKM Indonesia, hingga transaksi trade finance. Putrama menyampaikan BNI Amsterdam melihat besarnya potensi pengembangan bisnis restoran Indonesia di Belanda.

“Selain melakukan ekspansi pasar, kita juga mencari potensi bisnis diaspora. Dari 420 diaspora yang berusaha di bidang restoran, 60 di antaranya jadi potensi yang bisa direalisasikan. Apa yang kami lakukan lewat Kantor Representatif Amsterdam ini untuk mewujudkan amanah BNI sebagai bank yang Go Global," kata Putrama

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Marghareta Anandya

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US