BPBD DKI Pastikan Banjir Jakarta Sudah Surut Seluruhnya dan Gak Ada Lagi Pengungsi

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 09:50 WIB
BPBD DKI Pastikan Banjir Jakarta Sudah Surut (Dok. Pemprov DKI Jakarta)
BPBD DKI Pastikan Banjir Jakarta Sudah Surut (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan banjir yang sebelumnya sempat melanda kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada Senin (10/10) malam, kini sudah surut seluruhnya.

Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah itu disebabkan hujan dengan intensitas ekstrem di kawasan Bogor pada Minggu (9/10) malam yang mencapai 168,8 mm/hari. Hal ini membuat ketinggian muka air di Bendung Katulampa naik menjadi 220 cm (Siaga 1/Bahaya) pada Minggu (9/10) pukul 19.16 WIB.

Kemudian, diikuti kenaikan pada ketinggian muka air di Pos Pantau Depok menjadi 270 cm (Siaga 2/Siaga) pukul 21.35 WIB dan Pintu Air Manggarai menjadi 760cm (Siaga 3/Waspada) pada pukul 05.00 WIB (Senin, 10/10). Beberapa wilayah yang berada di aliran Kali Ciliwung pun terdampak banjir.

“Selanjutnya, kami akan berfokus pada pembersihan sisa-sisa lumpur dan sampah yang ada pasca banjir,” ucap Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji dalam keterangannya, Selasa (11/10/2022).

Baca Juga: 28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Ketinggiannya Capai 1,2 Meter

Sebelumnya, pada kesempatan terpisah, Isnawa turut meninjau lokasi pengungsian yang berada di Kelurahan Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan. Ia memastikan bantuan untuk lokasi terdampak banjir tersalurkan.

“Saya meninjau lokasi terdampak banjir untuk memastikan upaya penanganan banjir berjalan dengan baik dan dapur umum yang disiapkan oleh Tagana Dinas Sosial pun bisa memberikan bantuan makanan siap saji kepada masyarakat yang terdampak”, tambahnya.

Lokasi pengungsian sempat disiapkan di beberapa titik, seperti di Kelurahan Kebon Baru, Cawang, Bidara Cina, dan Kampung Melayu. Bantuan yang didistribusikan BPBD DKI Jakarta ke lokasi tersebut mencakup dukungan air mineral, biskuit, matras, dan selimut.

Baca Juga: Banjir Jakarta Belum Surut 6 Jam Tak Sesuai Target Anies, Wagub DKI Angkat Bicara

Selain itu, Suku Dinas Sosial Jakarta Timur turut mendistribusikan bantuan berupa air mineral dan makanan siap saji melalui dapur darurat.

“BPBD DKI Jakarta memastikan seluruh pengungsi telah kembali ke rumahnya masing-masing karena banjir telah surut,” tandas Isnawa.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X