Bandara Baru Yogyakarta Bakal Didominasi Penerbangan Asing

- Kamis, 29 Agustus 2019 | 14:31 WIB
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana meninjau Bandara Internasional Yogyakarta, di Kulonprogo, Yogyakarta, Kamis (29/8/2019). (JAY/Humas)
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana meninjau Bandara Internasional Yogyakarta, di Kulonprogo, Yogyakarta, Kamis (29/8/2019). (JAY/Humas)

Presiden Joko Widodo memastikan jika Bandar Udara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA), yang terletak di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Yogyakarta, pada akhir tahun dipastikan sudah rampung.

Bandara Yogyakarta Internasional akan memiliki terminal dengan total luas area 219.000 meter persegi, dan bisa menampung 20 juta penumpang per tahun. "Ini nanti akan diselesaikan Desember, setelah lebaran bisa beroperasi full 100 persen," katanya.

Selain itu, lanjut Jokowi, bandara akan terkoneksi dengan kereta api serta jalan tol. Paling tidak, koneksi dengan kereta api bakal selesai 2020 Maret."Tolnya menyusul," katanya. 

Jokowi menegaskan, bandara ini akan memberikan slot yang paling besar kepada penerbangan luar negeri karena bisa didarati pesawat besar, seperti Boeing 777 dan memiliki kualitas runway yang bagus.

Ia menegaskan, pemberian slot penerbangan internasional ini, juga sebagai langkah pemerintah, agar semakin banyak turis mancanegara yang datang ke Yogyakarta dan sekitarnya.

Jokowi mengapresiasi pembangunan bandara yang berada di selatan Yogyakarta ini. "Ini cepat sekali ini, cepat sekali. Sangat cepat sekali. Dan saya tadi lihat pekerjaan kualitasnya juga sangat baik," ujarnya. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X