Kota Solo Akan Mulai Vaksinasi Pekan Ketiga Januari 2021, Tenaga Medis Jadi yang Pertama

- Senin, 4 Januari 2021 | 16:51 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Pexels/ cottonbro)
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Pexels/ cottonbro)

Program vaksinasi di seluruh Indonesia dijadwalkan akan berlangsung di Januari 2021 ini. Beberapa wilayah tampaknya telah menentukan jadwal vaksinasi di daerahnya masing-masing.

Salah satu program vaksinasi yang akan berlangsung pada Januari ini yaitu di Kota Solo, Jawa Tengah

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih di Solo yang menyebut bahwa program vaksinasi tahap pertama di kota Solo akan dimulai pada pekan kedua bulan Januari. Adapun yang akan menerima vaksin pertama kali yaitu para tenaga medis.

"Dari hasil rapat pada tanggal 1 Januari lalu, diajukan (jadwal pemberian vaksin) yang awalnya pekan ketiga menjadi pekan kedua bulan ini," kata Siti Wahyuningsih seperti dilansir Antara pada Senin (4/1/21).

Untuk Kota Solo jadwal vaksinasi akan dilakukan di 33 fasilitas kesehatan, mulai dari rumah sakit daerah hingga puskemas.

Menurut Siti, untuk data penerima vaksin pada tahap pertama sudah disampaikan kepada Kementerian Kesehatan untuk selanjutnya para penerima menunggu pemberitahuan melalui SMS atau pesan pendek.

"Yang ada di data tersebut akan dapat 'SMS blast'. Kemudian kami diminta merespons dengan memilih faskes dan jam pelayanan. Sistem yang diterapkan kan satu data, hari itu kita masukkan langsung masuk ke pusat," kata Siti.

Nantinya pemberian vaksin tersebut dilakukan bertahap dan tahap pertama yang menerima adalah tenaga kesehatan yang berada di pelayanan terdepan.

"Pada prinsipnya pemerintah memperhatikan kesehatan seluruh masyarakat. Dalam artian, untuk mendapatkan kekebalan komunitas, 70-80 persen jumlah penduduk yang tervaksinasi. Kalau sudah Insya Allah imunitas komunitas sudah terbentuk," ujar Siti.

Pada tahap pertama, pemerintah menyiapkan 1,5 juta dosis vaksin jenis Sinovac.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan nantinya program vaksin yang dimulai 14 Januari tersebut, diberikan secara gratis untuk masyarakat usia 15-59 tahun.

"Tidak ada jual beli vaksin, saat ini vaksinnya sudah sampai di provinsi," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X