Polri Beberkan Rentetan Kasus Pembunuhan di Yahukimo Papua Selama Agustus 2020

- Senin, 5 Oktober 2020 | 10:43 WIB
Ilustrasi penembakan. (INDOZONE)
Ilustrasi penembakan. (INDOZONE)

Berbagai aksi teror baik yang dilakukan oleh orang tidak dikenal (OTK) maupun Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kerap terjadi di wilayah Yahukimo, Papua. Mabes Polri pun membeberkan deretan kasus pembunuhan yang terjadi di Yahukimo sepanjang bulan Agustus tahun 2020 ini.

"Agustus lalu digemparkan dengan kasus pembunuhan staf KPU Hendry Jovinsky di Kali T, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo pada 11 Agustus 2020 lalu," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono dalam keteranganya kepada wartawan, Senin (5/10/2020).

Dalam kasus ini, Hendry dicegat oleh OTK lalu dibantai. Sebelum dibantai, OTK itu menanyakan tentang warga negara ke Hendry.

Kasus berikutnya yakni pembunuhan dengan korban tukang mabel. Awi menyebut kasus itu masih terjadi di Kabupaten Yahukimo Papua.

"Kasus kematian korban Muhammad Thoyib (39) yang berprofesi sebagai tukang mebel di Jalan Bandara Nop Goliat, Distrik Dekai, Yahukimo, 20 Agustus 2020," ungkap Awi.

Masih di Kabupaten Yahukimo, Papua dan di bulan Agustus, kasus pembunuhan kembali terjadi. Kali ini terjadi kepada tukang antar batako bernama Yauzan Alias Ocang (34) pada tanggal 26 Agustus 2020 di Jembatan Kali Buatan, Jalan Gunung, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

"Tiga kasus kematian di Kabupaten Yahukimo di bulan Agustus membuat geram aparatur Kepolisian dan TNI di Papua," tegas Awi.

Dari rentetan tiga kasus itu, Awi menyebut TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi berhasil mengamankan sejumlah anggota KKB. Ya, KKB itulah yang melakukan rangkaian aksi teror di Kabupaten Yahukimo Papua.

"Dari ketiga kasus tersebut ditangkap pula anggota KKB lainnya yang terlibat dalam kepemilikan senjata tajam atas nama Yansen Yalak, pembakaran ATM BRI atas nama Aroel Sonyap alias Koroway serta makar atas nama Peres Murup dan Kalep Marup," pungkas Awi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X