Kisah Anak Pedalaman Papua Jadi Wisudawan Terbaik, Mengharukan Bawa Ijazah ke Kampung

- Rabu, 24 Juni 2020 | 11:27 WIB
Neas Wanimbo foto bersama mamanya dengan kelengkapan wisuda di kampung. (Facebook/Neas Wanimbo)
Neas Wanimbo foto bersama mamanya dengan kelengkapan wisuda di kampung. (Facebook/Neas Wanimbo)

Perjuangan seorang anak pedalaman di kampung Papua menjadi inspirasi setelah sukses menjadi wisudawan terbaik 2019 lalu.

Neas Wanimbo merupakan mahasiswa universitas Tanri Abeng University berasal dari tanah Wamena, Papua.

Banyak yang telah dilalui oleh Neas Wanimbo untuk mencapai posisinya sekarang. Tak terkira perjuangan selama menempuh studi, namun satu yang dia ketahui bahwa semua kesuksesannya itu tiada artinya tanpa keberadaan orangtuanya.

Untuk itu Neas membawa ijazah beserta toga kelulusannya ke kampungnya di Tangma Wamena. Neas mengaku terinspirasi oleh Najwa Shihab untuk menyemangati adik angkatannya tahun 2020 yang kali ini harus menjalani wisuda dari rumah akibat pandemi covid-19.

Dia ingin menyampaikan walau dia telah wisuda 2019, orang di kampung halamannya juga harus bisa merasakan kebahagiaan yang dia rasakan saat wisuda, walau jaraknya nun jauh di sana.

"Di hari kelulusan saya, ibu saya tidak dapat menghadiri hari wisuda di Jakarta, padahal saya adalah salah satu mahasiswa lulusan terbaik di bidang extra kurikuler, saya ingin kesakali pencapaianku ini bisa disaksikan langsung oleh orang tuaku," tulis Neas dalam akun media sosialnya beberapa waktu yang lalu.

Namun karena biaya yang cukup besar untuk perjalanan penerbanangan Wamena-Jakarta dia tidak sanggup membeli tiket untuk keluarganya.

Baca juga: Tiga Jenderal Polri Rangkap Jabatan Sipil, IPW Desak Pensiun Dini Atau Mengundurkan Diri

-
Neas saat membawa ijazah berfoto bersama mamanya.

 

Alhasil, Neas pun membawa ijazah sarjana, toga dan semua seragam kelulusannya ke kampung halaman.

"Saya ingin mereka tahu bahwa saya sudah lulus dari universitas. Ibuku menangis, setelah melihat bagaimana aku membawa semua hal itu, ibuku juga merasa sangat bangga karena dia sudah mendengar bahwa aku adalah salah satu lulusan terbaik di Tanri Abeng University pada tahun 2019 dan juga dia sering dengar tentang prestasiku sejauh ini," katanya.

-
Neas bersama orang-orang di kampung halaman di Wamena.

 

Dia menceritakan ingat pesan ibunya bahwa orangtuanya selalu mendukungnya dalam setiap doa-doanya agar hal-hal buruk tidak menimpanya selama merantau dan menempuh studi.

"Di foto pertama Mamaku pakai pakain yang terbaik yang pernah dia memiliki, katanya mamaku pakain itu dia sengaja simpan agar suatu saat ketika aku pulang ke kampung dia mau pakai untuk menjambut saya," kata Neas.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X