Doni Monardo: Hanya Kalsel dan Jabar yang Bed Occupancy Rate di Atas 60%

- Senin, 22 Maret 2021 | 17:06 WIB
Doni Monardo (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Doni Monardo (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo menuturkan kondisi terkini terkait situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Dalam rapat kerja bersama dengan Komisi VIII DPR RI, Doni berujar angka kematian akibat dari Covid-19 mengalami penurunan. Begitu juga dengan tingkat pemanfaatan tempat tidur atau bed occupancy rate di rumah sakit menurun hampir di semua provinsi.

Hanya saja ada dua provinsi bed occupancy rate di rumah sakit masih di atas 60 persen yakni di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Jawa Barat (Jabar). Padahal, lanjut Doni, bed occupancy rate di provinsi lain sudah menurun bersamaan dengan program vaksinasi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro yang diterapkan pemerintah

"Jadi vaksin, PPKM mikro dan tingkat kepatuhan masyarakat yang semakin baik menjadi modal kita dalam mengendalikan covid. Sehingga saat ini hanya tinggal dua provinsi saja yang bed occupancy rate-nya di atas 60 persen, yaitu Kalsel dan Jabar, sisanya sudah jauh di bawah," ujar Doni, Senin (22/3/2021).

BACA JUGA: Doni Monardo Dicecar DPR soal Anggaran karena Sering Muncul di Iklan: Apakah Mau Nyalon?

Dia menegaskan bahwa angka bed occupancy rate yang tengah menurun ini harus dijaga dengan baik. Dengan demikian tenaga kesehatan (nakes) dapat memberikan kesempatan untuk beristirahat banyak pasca bertarung melawan Covid-19.

"Ini harus kita jaga sehingga dokter kita, perawat kita punya kesempatan relaksasi, punya kesempatan yang lebih banyak buat beristirahat. Sehingga kelelahan dan keletihan dalam merawat pasien bisa berkurang," ucap Doni.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X