Polisi Minta Pihak Luar Tak Ikut Campur Kasus Tanah di Jaksel, Apalagi Berujung Bentrok

- Kamis, 18 Maret 2021 | 21:34 WIB
Ilustrasi bentrokan. (Foto: Antara/Sahrul Manda Tikupadang)
Ilustrasi bentrokan. (Foto: Antara/Sahrul Manda Tikupadang)

Polres Metro Jakarta Selatan meminta seluruh pihak luar yang tidak berkaitan dengan sengketa tanah di Pancoran, Jakarta Selatan untuk tidak ikut campur. Hal itu untuk mengantisipasi adanya bentrok serupa.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Azis Andriansyah menyebut ada sejumlah pihak luar yang membela kedua belah pihak yang terlibat sengketa tanah. Pihak luar ini lah yang terlibat bentrok.

"Memang ada di daerah Pancoran ada sengketa lahan antara Pertamina dengan warga, kemudian proses hukum berjalan, mediasi berjalan. Namun, masing-masing pihak dari pihak Pertamina dan warga ini ada yang membela masing-masing yang satu dari satu kelompok, yang satu, satu kelompok, inilah yang kemudian bersengketa di lapangan," kata Kombes Azis kepada wartawan di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kamis (18/3/2021)

BACA JUGA: Bentrok Warga di Jaksel Akibat Sengketa Tanah, Polisi Duga Ditunggangi

Untuk itu lah polisi meminta pihak luar untuk tidak ikut campur dalam sengketa ini. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya bentrokan susulan.

"Sekali lagi, jangan mengaburkan masalah pokok. Masalah pokok kan antara warga dan pihak Pertamina, yang lain itu membela masing-masing pihak. Harusnya yang membela masing-masing pihak itu jangan melakukan tindakan apapun dulu dua-duanya. Biarkan proses hukum maupun mediasi berjalan," beber Azis.

Seperti diketahui, suasana mencekam berlangsung semalam hingga dini hari di kawasan Jalan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Bentrokan terjadi dengan saling melempar batu hingga molotov dan membuat sejumlah orang mengalami luka-luka.

Diduga kuat bentrokan itu sendiri terjadi akibat sengketa tanah antara warga dengan PT Pertamina. Dugaan itu sendiri juga disampaikan oleh pihak kepolisian.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X