Menaker Ida Pastikan Penyaluran Termin II BSU Dilakukan Hari Ini

- Senin, 9 November 2020 | 21:01 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. (Photo/Dok. Kemnaker)
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. (Photo/Dok. Kemnaker)

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memastika penyaluran termin II untuk subsidi gaji telah mulai dilakukan pada hari ini, Senin (9/11/2020) untuk periode November-Desember.

Menaker Ida memastikan bahwa jumlah yang dicairkan akan sama dengan termin I yaitu Rp1,2 juta yang sebelumnya sudah diterima para pekerja yang memenuhi syarat menerima bantuan subsidi upah (BSU).

"Kita pastikan termin II BSU sudah cair hari ini. Siang tadi saya dapat laporan bahwa data penerima BSU tahap I sebanyak 2.180.382 orang sudah diproses ke KPPN. Selanjutnya akan ditransfer ke bank penyalur dan dicairkan ke masing-masing rekening penerima baik rekening Himbara maupun non-Himbara sama dengan mekanisme termin pertama," kata Menaker Ida, dilansir dari Antara, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Polisi Selidiki 8 Akun Medsos Diduga Penyebar Video Syur Mirip Gisel

Ia juga memastikan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan terus berupaya untuk mempercepat proses penyaluran subsidi upah termin II bagi pekerja yang pendapatan di bawah Rp5 juta. Ia mengaku akan mengupayakan dalam satu pekan bisa diproses dua tahap langsung.

"Kami mendapat rekomendasi dari KPK bahwa diperlukan adanya pemadanan data penerima BSU dengan data pajak yang ada di Direktorat Jenderal Pajak (DJP)," katanya.

"Oleh sebab itu, setelah pembayaran termin I selesai sekitar dua minggu lalu, Kemnaker bersama BPJS Ketenagakerjaan saling berkoordinasi dengan DJP untuk melakukan pemadanan data. Alhamdulillah hasil nya sudah kami terima hari Jumat lalu dan dapat kami jadikan dasar untuk proses pembayaran termin II hari ini," sambung Ida.

Ia memastikan bahwa bagi pekerja yang sudah memenuhi syarat menerima BSU maka pencairan akan tetap dilanjutkan sesuai prosedur.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X