Ritual Mandi di Sungai Gangga India Dikhawatirkan Memicu Infeksi Virus Corona

- Senin, 12 April 2021 | 15:12 WIB
Ritual mandi di sungai memicu infeksi covid-19 (REUTERS/Danish Siddiqui)
Ritual mandi di sungai memicu infeksi covid-19 (REUTERS/Danish Siddiqui)

India melaporkan rekor penghitungan harian yakni 168.912 infeksi Covid-19 pada hari Senin, ini merupakan angka tertinggi di dunia, sementara kekhawatiran meningkat lebih lanjut, ketika ratusan ribu orang berkumpul untuk ritual mandi di sungai Gangga.

India sekarang menyumbang satu dari setiap enam infeksi harian di seluruh dunia. Kasus baru Senin membawanya melewati Brasil, dengan penghitungan keseluruhan 13,53 juta, menurut data yang dikumpulkan, dikutip dari Reuters.

Pembukaan penuh ekonomi India setelah penguncian yang melumpuhkan tahun lalu, festival keagamaan massal, dan demonstrasi politik di negara bagian yang mengadakan pemilu telah memperburuk gelombang kedua infeksi virus corona.

-
Ritual mandi di sungai memicu infeksi covid-19 (REUTERS/Anushree Fadnavis)

Di kota utara Haridwar, hampir satu juta pemuja memadati tepi Sungai Gangga, sebuah sungai yang dianggap suci oleh banyak umat Hindu, untuk mengikuti 'Kumbh Mela' atau festival kendi selama berbulan-bulan, yang dikhawatirkan menimbulkan lonjakan infeksi virus corona.

"Kerumunan di sini melonjak, polisi terus-menerus mengimbau orang-orang untuk menjaga jarak sosial," kata pejabat polisi Sanjay Gunjyal, dikutip dari Reuters.

Beberapa orang mengenakan masker saat mereka berdesak-desakan untuk berenang pada hari yang dianggap menguntungkan dalam kalender Hindu.

Pihak berwenang telah mewajibkan tes virus bagi mereka yang memasuki daerah itu, di mana para pejabat mengatakan mereka berjuang untuk menahan kerumunan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X