Ini Alasan Mahfud MD Tetap Izinkan Mal dan Bandara Dibuka

- Rabu, 20 Mei 2020 | 01:04 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. (photo/ANTARA)
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. (photo/ANTARA)

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD memberikan alasan kenapa pemerintah mengizinkan mal dan bandara tetap dibuka semasa pandemi Covid-19.

"Misalnya kenapa masjid kok ditutup, mal kok dibuka. Saya kira yang dibuka bukan langgar hukum karena ada 11 sektor tertentu yang oleh UU boleh dibuka, oleh protokol," kata Mahfud di Jakarta, Selasa (19/5/2020).

Menurut Mahfud, mal yang diizinkan tetap beroperasi karena menyediakan layanan yang termasuk dalam 11 sektor layanan yang dikecualikan. Sektor itu antara lain, penyedia layanan pemenuhan kebutuhan pangan dan bahan bakar minyak, kesehatan, komunikasi, dan distribusi logistik.

Sedangkan bandara yang diizinkan untuk beroperasi untuk melayani masyarakat yang harus bepergian guna melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan di PSBB.

"Bandara untuk mengangkut orang-orang dengan tugas dan syarat tertentu dibuka, (kalau ada) yang melanggar juga ditindak," ujarnya.

"Ada penegakan protokol kesehatan yang dikawal penegakan keamanan. Jadi strateginya penegakan protokol keamanan," tambahnya.

Terkait kekecewaan anggota MUI soal larangan salat jamaah di masjid sementara pusat perbelanjaan dibuka, Mahfud beri tanggapan.

"Mungkin saya tidak lihat juga kalau ada MUI kecewa dengan apa yang terjadi. Pertama, itu kan pernyataan orang MUI, bukan MUI-nya yang menyatakan," jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X