The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Beda Perlakuan Tes Swab untuk Jokowi dengan Ibu Hamil yang Bayinya Mati dalam Kandungan
Hasil tes Swab Jokowi langsung keluar dalam hitungan jam, sementara Ervina Yana, ibu hamil yang hendak melahirkan di Makassar harus menunggu 5 hari. (Foto: Istimewa)
News

Beda Perlakuan Tes Swab untuk Jokowi dengan Ibu Hamil yang Bayinya Mati dalam Kandungan

Sabtu, 25 Juli 2020 16:49 WIB 25 Juli 2020, 16:49 WIB

INDOZONE.ID - Masih ingat Ervina Yana, ibu hamil yang hendak melahirkan namun bayinya keburu mati dalam kandungan karena ditolak bersalin oleh tiga rumah sakit di Makassar dengan alasan harus menjalani tes swab terlebih dahulu?

Ya, salah satu hal yang masih diingat publik, selain bayinya meninggal akibat persalinannya terulur-ulur, adalah ketika sudah mati dalam kandungan saat berada di rumah sakit ketiga yang dia datangi, yakni Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ananda, bayi Ervina tidak dapat langsung dikeluarkan dengan alasan menunggu hasil tes Swab PCR terlebih dahulu yang baru akan keluar lima hari setelahnya.

"Setelah dibantu beberapa rekannya. Alhamdulilah RSIA Ananda mau merawat ibu Ervina.  Masalahnya sekarang Ibu Ervina harus menunggu 5 hari hasil tes swab setelah membayar 600 ribu. Alasan rumah sakit juga sama. Harus ada hasil uji swab untuk dilakukan tindakan selanjutnya. Bagaimana ini ? Kok anak dalam kandungan yang sudah meninggal harus menunggu 5 hari baru bisa ditolong. Info terbaru, Ibu Ervina disuruh pulang ke rumahnya. Kalau ibu Ervina meninggal bagaimana? Toloong yang punya kuasa dan kekuatan," kata narasumber yang mendampingi Ervina kepada Indozone.id, Selasa, 16 Juni 2020.

Baca juga: Pilu Wanita Hamil Ditolak Bersalin Karena Tak Mampu Bayar Tes Covid-19, Bayinya Meninggal

Berselang sebulan sejak kasus memilukan itu, Presiden Jokowi, juga istrinya Iriana, juga menjalani tes Swab. Orang nomor satu di Indonesia itu terpaksa harus menjalani tes karena seminggu sebelumnya bertemu dengan Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo yang ternyata positif terjangkit COVID-19.

Kabar bahwa Achmad Purnomo positif Corona diketahui pada hari Jumat (24/7/2020). Tak ingin berlama-lama, Jokowi pun menjalani tes Swab hari itu juga. 

"Ajaibnya"--merujuk pada waktu tunggu hasil tes Swab pada umumnya--hasil tes Swab Jokowi langsung keluar hari itu juga. 

"Saya dan Ibu negara mengikuti pemeriksaan kesehatan berkala, termasuk uji swab Covid-19 yang kami jalani kemarin sore. Dan saya ingin mengabarkan hasilnya yang keluar semalam. Alhamdulillah, hasil tes swab kami negatif," ungkap Jokowi, Sabtu (25/7/2020), usai bersepeda di sekitaran wilayah Istana Presiden, Bogor, Jawa Barat.

Dua kasus ini menunjukkan bahwa ada perbedaan perlakukan yang diberikan petugas medis kepada presiden dengan rakyat jelata.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Dari informasi yang dihimpun Indozone.id dari berbagai sumber, lama tunggu hasil tes Swab sendiri rata-rata lima hari sejak sampel lendir diambil dari hidung dan tenggorokan. Belakangan, hasil tes Swab bisa keluar lebih cepat, yakni 2x24 jam. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US