Kabar Duka, Penemu Kaset dan CD Meninggal Dunia

- Kamis, 11 Maret 2021 | 09:15 WIB
Penemu kaset. (Netherlands News Live)
Penemu kaset. (Netherlands News Live)

Penemu kaset Lou Ottens meninggal dunia pada usia 94 tahun di rumahnya Duizel, Belanda. Ottens meninggal pada Sabtu, 6 Maret 2021, namun kabar duka tersebut disampaikan oleh keluarga baru-baru ini.

"Kami sangat sedih harus memberi tahu Anda bahwa Lou meninggal dengan damai pada Sabtu, 6 Maret 2021," demikian pernyataan dari putri Ottens, dilansir New York Post.

Selain menjadi penemu kaset, Ottens juga membantu mengembangkan CD. Ottens sendiri mulai bekerja untuk perusahaan elektronik Royal Philips pada tahun 1952.

Delapan tahun kemudian, dia menjadi kepala divisi pengembangan produk dan saat itulah ia bersama timnya mengembangkan tape recorder portabel. Dua tahun setelahnya, ia kembali membuat gebrakan baru dengan mengganti sistem tape reel to reel dengan bentuk kaset yang lebih kecil.

Ottens punya alasan tersendiri mengapa ia akhirnya membuat kaset. Hal tersebut berawal dari kekesalannya dengan sistem reel-to-reel yang tidak mudah bagi pengguna.

"Saya kesal dengan sistem reel toreel yang tidak mudah bagi pengguna. Sesederhana itu," kata Ottens, dilansir DutchNews.nl.

Saat itu, ia berpikir menciptakan alat yang lebih kecil dan memudahkan penggunanya. Dia ingin menciptakan kaset yang bentuknya lebih kecil dari kotak rokok saat itu. Hingga akhirnya, setelah menemukan solusinya, ia dan tim mulai memproduksi kaset berbahan plastik.

Kaset tersebut kemudian diperkenalkan pertama kali pada tahun 1963 di  sebuah pameran elektronik dengan slogan "lebih kecil dari kotak rokok!"

Menggantikan dan reel-to-reel, kaset memudahkan semua orang. Lewat kaset, musik tersebar lebih cepat dan luas. Bisa dibilang, Lou Ottens merupakan orang yang berjasa atas transformasi cara orang mendengarkan musik.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X