Peringati Hari Koperasi, DPRD DKI Ajak Masyarakat Lanjutkan Perjuangan Bung Hatta

- Minggu, 12 Juli 2020 | 13:42 WIB
Logo Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 (Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah)
Logo Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 (Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah)

Setiap tanggal 12 Juli diperingati bangsa Indonesia sebagai Hari Koperasi Indonesia, termasuk hari ini, Minggu (12/7/2020).

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, Syarif, mengucapkan selamat kepada para penggiat dan pelaku koperasi di Tanah Air.

Menurut dia, perjalanan koperasi di Indonesia tidak terlepas dari peran dan kepiawaian tangan serta kerja keras dari Bung Hatta. Karena itu ia pun mengajak semua pihak untuk dapat meneladani jejak Wakil Presiden pertama RI itu. 

"Hari ini tanggal 12 Juli adalah hari koperasi Indonesia. Mari kita kirim doa kepada almarhum bung Hatta pendiri koperasi dan kita lanjutkan perjuangan beliau," kata Syarif di Jakarta, Minggu (12/7/2020). 

Peringatan Hari Koperasi sendiri sebagai tanda diadakannya Kongres Koperasi pertama pada 11-14 Juli 1947 di Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Sebagaimana diketahui, kala itu Kongres pertama yang berlangsung menjelang 2 tahun setelah Indonesia Merdeka, dibentuklah Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI). Pada perkembangannya Koperasi semakin kuat badan hukumnya saat diterbitkan UU 12/1967 tentang Pokok-pokok Perkoperasian.

Koperasi yang telah terbukti menjadi tulang punggung nasional sekaligus pilar penting ekonomi Indonesia. Tak lama kemudian,  pemerintah mengeluarkan Keputusan Presiden 62/2015 tentang Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.  

Karena itu, momentum Hari Koperasi Indonesia harus menjadi tonggak kebangkitan ekonomi nasional. Sebab koperasi di Indonesia menjadi basis eksistensi institusi ekonomi yang melibatkan banyak pihak dan kemudian menjadi ujung tombak kebangkitan ekonomi menghadapi krisis akibat pandemi virus corona (Covid-19). Pasalnya, akibat pandemi ini segala sektor atau lini kehidupan terpukul. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X