Polri Sebut Anita Kolopaking Kunci Hubungan Djoko Tjandra dengan Brigjen Prasetijo

- Jumat, 7 Agustus 2020 | 15:50 WIB
Pengacara dari buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra, Anita Kolopaking. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Pengacara dari buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra, Anita Kolopaking. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Penyidik Bareskrim Polri saat ini tengah mengusut kasus surat jalan dan surat sehat untuk Djoko Tjandra yang kasusnya sendiri melibatkan Brigjen Pol Prasetijo Utomo (BJP PU). Mabes Polri menyebut sosok Anita Kolopaking (ADK) merupakan saksi kunci yang bisa membeberkan kedekatan antara Djoko Tjandra dengan jenderal bintang satu itu.

"Memang ADK ini kunci karena selama ini hubungan antara Djoko Tjandra dengan BJP PU semua Melalui ADK. Jadi yang bersangkutan ini yang menjembatani selama ini terkait kasus surat palsu," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setyono di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Awi enggan membeberkan lebih jauh terkait peran Anita. Sebab, hal itu sudah masuk ke ranah penyidikan polisi.

-
Brigjen Prasetio Utomo dan Djoko Tjandra. (Istimewa)

 

Selain itu, mengenai kasus hilangnya red notice atas nama Djoko Tjandra, Awi tidak bisa mengkaitkan antara Anita dengan kasus tersebut. Dia menyebut hal tersebut merupakan kewenangan penyidik.

"Tentunya itu menjadi objek perkara yang sendiri, nanti kita lihat itu domainnya tipikor mereka juga sudah menaikkan penyelidikan ke penyidikan sejak 5 Agustus 2020. Tentunya kita bersabar, kita beri waktu mereka juga menyusun rencana penyidikannya," ungkap Awi.

Seperti diketahui, kasus ini berawal dari surat jalan dan surat sehat yang dikeluarkan oleh Polri kepada buronan kelas kakap, Djoko Tjandra. Dua surat tersebut dikeluarkan atas peran eks Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri, Brigjen Pol Prasetijo Utomo. 

Kasus ini pun juga menyeret pengacara dari Djoko Tjandra yakni Anita Kolopaking. Pada hari ini, Bareskrim Polri juga sedang melakukan pemeriksaan perdana terhadap Anita dengan status tersangka.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X