Usung Orient Riwu Kore, Demokrat Sudah Tahu Isu Kewarganegaraan Ganda Sejak Penjaringan

- Jumat, 5 Februari 2021 | 13:52 WIB
Bupati terpilih Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur ( NTT), Orient Patriot Riwu Kore. (Istimewa)
Bupati terpilih Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur ( NTT), Orient Patriot Riwu Kore. (Istimewa)

Bupati terpilih Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Orient Patriot Riwu Kore masih berstatus sebagai warga negara Amerika Serikat tanpa melepas paspor Indonesia menjadi sorotan masyarakat. Orient bersama pasangannya diusung oleh PDIP, Partai Demokrat dan Partai Gerindra.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan, Orient adalah kader dari PDIP. Dalam ajang kontestasi Pilkada tersebut Partai Demokrat menempatkan kadernya yaitu Thobias Uly sebagai Calon Wakil Bupati.

“Karena yang merupakan kader Partai Demokrat adalah Thobias Uly, tentunya kami lebih fokus pada pendalaman figur Cawabup,” kata Kamhar, Jumat (5/2/2021).

Dia melanjutkan, isu kewarganegaraan Orient sudah sempat berembus di awal penjaringan dan terdeteksi oleh Bappilu Partai Demokrat.

“Karenanya kami menindaklanjuti dan meminta klarifikasi kepada Jefri Riwukore yang merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi NTT mengingat proses penjaringan yang kami lakukan secara berjenjang mulai dari DPC untuk Pilkada kabupaten/kota,” jelas dia.

Lebih lanjut Kamhar menuturkan setelah mendapat penjelasan dari Ketua DPD Demokrat Provinsi NTT tentang prospek koalisi PDIP termasuk penjelasan kewarganegaraan Orient Riwukore yang tak ganda, maka Bappilu mengajukan permohonan rekomendasi kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku Ketua Umum.

“Bappilu mengajukan permohonan rekomendasi kepada Mas Ketum AHY,” tutur dia.

Terkait perkembangan terbaru tentang isu kewarganegaraan ini, lanjut Kamhar, Partai Demokrat menghormati dan patuh pada regulasi yang mengatur Pilkada.

“Tentunya dengan tetap memperhatikan hak-hak hukum dari  yang bersangkutan,” tandas Kamhar.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X