Singgung Soal Pesawat yang Tergelincir, Pengamat Imbau Masyarakat Bijak Pilih Maskapai

- Jumat, 25 Desember 2020 | 21:42 WIB
(REUTERS/LINDSEY WASSON)
(REUTERS/LINDSEY WASSON)

Memasuki masa libur Natal dan tahun baru yang kerap dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan, pengamat penerbangan Antonius Lisliyanto mengimbau agar masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dengan menggunakan jasa maskapai penerbangan untuk dapat memilih maskapai penerbangan yang mengutamakan keselamatan penumpang.

Seperti dilansir Antara, Antonius Lisliyanto menyinggung insiden kecelakaan sebuah maskapai penerbangan Lion Air yang tergelincir akibat cuaca buruk yang terjadi di Bandara Radin Inten II Lampung pada Minggu (20/12/2020).

"Di sinilah masyarakat harus bijak dan kritis. Bahwa bagaimanapun kondisi bisnis sedang terpukul, faktor keselamatan dan keamanan penerbangan harus tetap menjadi acuan utama," ujar Antonius dikutip dari Antara,  jumat (25/12/2020).

Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ini, kata Antonius, menyisakan noda dalam aviasi nasional dengan insiden tergelincirnya pesawat Lion Air di runway setelah mendarat di Bandara Radin Intan II, Lampung, pukul 13.35 WIB.

Ia mengatakan jika memang sebuah penyedia layanan penerbangan dirasakan sudah tidak memenuhi standar minimal, maka konsumen berhak menentukan sikap.

"Menurut saya masih banyak maskapai kredibel yang lainnya. Keselamatan penerbangan bukan untuk coba-coba," kata Antonius.

Selain mengimbau masyarakat untuk selektif memilih maskapai, Antonius juga mendesak agar maskapai penerbangan harus tetap mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan penumpang.

"Kondisi saat ini memang tidak menguntungkan bagi bisnis penerbangan dalam masa pandemi COVID-19, namun masalah keselamatan dan keamanan penerbangan harus tetap menjadi prioritas utama dari penyedia jasa. Semua hal bisa dikondisikan dan disesuaikan, kecuali keamanan dan keselamatan penumpang," kata Antonius.

Antonius Lisliyanto menekankan insiden yang menimpa Lion Air bukan kejadian pertama sehingga menimbulkan tanda tanya besar tentang penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dari perusahaan yang mengusung konsep maskapai penerbangan bertarif rendah atau low-cost carrier itu.

"Ini menjadi tanya besar, apakah SOP yang mengutamakan keselamatan dan keamanan pengguna jasa memang telah dijalankan dengan benar oleh Lion Air? Baik tentang kelengkapan, kesiapan pesawat, kapasitas dan masih banyak lagi. Untuk itu diperlukan ketegasan dari pihak pengawas penerbangan terhadap pelaksanaan SOP di tiap-tiap maskapai," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X