Tali Pegangan Putus, Pendaki Asal Yogyakarta Jatuh ke Kawah Gunung Lawu, Berhasil Selamat

- Selasa, 21 Juli 2020 | 00:05 WIB
Proses evakuasi pendaki yang jatuh ke kawah Gunung Lawu.
Proses evakuasi pendaki yang jatuh ke kawah Gunung Lawu.

Seorang pendaki terjatuh di kawah Gunung Lawu, Minggu (19/7/2020). Beruntung, nyawa pendaki tersebut dapat diselamatkan oleh tim SAR gabungan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pendaki bernama Alam (31) tersebut terjatuh ke kawah setelah tali yang dipegangnya putus. Alam merupakan pendaki yang berasal dari Yogyakarta.

Cerita ini bermula pada Sabtu (18/7/2020) lalu. Saat itu, lima pemuda mendaki Gunung Lawu via jalur Cemoro Kandang.

Gunung Lawu sendiri merupakan gunung vulkanik yang luasnya meliputi dua provinsi, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Setibanya di Pos II, mereka kemudian menuruni Kawah Condrodimuko pada Minggu (19/7/2020). Satu per satu pendaki itu menuruni kawah dengan menggunakan tali. Ketika giliran Alam, tali tersebut tiba-tiba putus. Dengan seketika, tubuh Alam terjatuh ke kawah.

"Empat rekannya berhasil turun, namun tiba-tiba Alam terjatuh karena talinya terputus," ujar Kepala Basarnas Semarang Nur Yahya kepada wartawan.

Mendengar laporan pendaki terjatuh ke kawah, petugas SAR gabungan langsung menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

Medan terjal membuat petugas sempat kesulitan menolong Alam. Namun sekira lima jam kemudian, mereka berhasil membawa Alam kembali ke atas.

Berdasarkan informasi, Alam ditemukan dengan kondisi selamat. Namun tubuhnya sudah lemas dan mengalami cidera akibat terjatuh. Dia pun langsung dibawa ke RSUD Karanganyar guna mendapat perawatan medis.

"Survivor dalam keadaan sadar namun mengalami cedera di kepala akibat benturan, kakinya juga terkilir," ujar Nur mengakhiri.

 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X