FOTO: Pasien yang Sembuh dari Virus Corona

- Senin, 27 April 2020 | 07:30 WIB
Dwieky Siti Rhomdoni (37) menunjukkan hasil rontgen paru-paru miliknya di Jakarta, 14 April 2020. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Dwieky Siti Rhomdoni (37) menunjukkan hasil rontgen paru-paru miliknya di Jakarta, 14 April 2020. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Wabah virus corona baru atau Coronavirus disease (COVID-19) yang tengah melanda dunia dapat menyerang siapa saja, tanpa pandang bulu. Banyak yang sudah terinfeksi mulai dari masyarakat biasa, pejabat, dokter, politisi, atlet, hingga para selebritas pun tak luput dari serangan virus berbahaya tersebut. Butuh keberanian yang luar biasa bagi seseorang untuk mengakui bahwa dirinya mengidap positif COVID-19 dikarenakan masih adanya stigma negatif dari sebagian masyarakat terhadap pasien.

Gejolak batin itulah yang dirasakan oleh sejumlah pasien, baik yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ataupun positif, padahal semangat serta dukungan dari lingkungan sekitar sangat dibutuhkan oleh pasien agar cepat sembuh. Memang saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkannya, namun bukan berarti tidak dapat disembuhkan.

-
Simon Nainggolan (50) menunjukkan hasil rontgen paru-paru miliknya di Jakarta. Simon yang seorang pengusaha ini mengatakan untuk selalu mengedepankan optimisme, berpikiran positif agar meningkatkan imun tubuh. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
-
Wali Kota Bogor Bima Arya (48) berpose di kediamannya di Bogor, Jabar. Bima Arya dinyatakan positif terinfeksi corona 17 Maret 2020, menjalani isolasi di RSUD Kota Bogor dan dinyatakan negatif pada 18 April. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
-
Ara Wiraswara (39), seorang ASN, menunjukkan hasil rontgen paru-paru miliknya di Bogor. Dari pengalaman Ara selama menjalani isolasi di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, dukungan moral sangat dibutuhkan oleh pasien. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Pasien yang sudah melakukan isolasi selama 14 hari, baik itu di Rumah Sakit (RS) maupun isolasi mandiri, selalu mengedepankan optimisme, berpikiran positif agar meningkatkan imun tubuh. Tentunya selain mengkonsumsi multivitamin, ramuan tradisional dan berolahraga. "Yang kita butuhkan itu hasil yang negatif bukan pikiran yang negatif", kata Simon Nainggolan (50) salah satu pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona.

Untuk mencegah terinfeksi virus corona, perlu kedisiplinan yang tinggi untuk menerapakan pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan di air yang mengalir, memakai masker, hindari kerumunan serta menerapkan social distancing dan jaga jarak (physical distancing).

-
Artis Detri Warmanto (34) berpose di kediamannya di Jakarta. Menantu Menpan RB Tjahjo Kumolo tersebut meyakini bahwa COVID-19 bisa disembuhkan oleh diri sendiri melalui imun tubuh meskipun vaksinnya belum ditemukan. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
-
KSF (11) menunjukkan hasil rontgen paru-paru miliknya di Jakarta. KSF yang seorang pelajar itu berstatus PDP dan menjalani perawatan di RS Darurat Wisma Atlet. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
-
Arif Rahman Hakim (50) berpose di kediamannya di Bekasi, Jawa Barat. Pengusaha yang merupakan pasien 01 Kota Bekasi tersebut menjalani perawatan di RS Mitra Keluarga, Bekasi Timur, sejak 10 Maret hingga 30 Maret 2020 dan dinyatakan negatif setelah dua kali tes swab. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
-
Alben Sitohang (68) menunjukkan hasil rontgen paru-paru miliknya di Jakarta. Wiraswasta itu menjalani isolasi di RS darurat Wisma Atlet selama 22 hari dan dinyatakan negatif pada 19 April 2020. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X