The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Eks Mendag Usulkan Bank Indonesia Mencetak Uang Rp4.000 T, Buat Apa?
Eks Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan. (Photo/Dok. Badminton Indonesia)
News

Eks Mendag Usulkan Bank Indonesia Mencetak Uang Rp4.000 T, Buat Apa?

Minggu, 03 Mei 2020 00:17 WIB 03 Mei 2020, 00:17 WIB

INDOZONE.ID - Demi mengatasi persoalan ekonomi akibat Covid-19, Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengusulkan kepada Bank Indonesia (BI) untuk mencetak uang sebanyak Rp4.000 triliun.

Gita Wirjawan mengatakan bahwa uang sebanyak itu tidak akan menimbulkan inflasi. Menurutnya, uang dicetak langsung dapat disalurkan kepada masyarakat untuk menjamin kebutuhan dasar.

Hal itu disampaikannya saat menggelar diskusi bertema "Menyelamatkan Sektor Rill dan UMKM dari Pandemi" bersama Yayasan Rekat Anak Bangsa, Jumat (1/5/2020).

"Uang tersebut tidak hanya digunakan untuk memberi stimulus pada mereka yang kehilangan pendapatan, tapi juga untuk restrukturisasi penyelamatan sektor riil dan UMKM," kata dia.

Gita juga menepis adanya moral hazard dalam pencetakan uang ribuan triliunan tersebut. Ia menjelaskan bahwa kunci paling penting adalah pengawasan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah saat penyaluran uang tersebut ke masyarakat.

Ia juga mengapresiasi kinerja pemerintah yang sudah berusaha menyelamatkan masyarakat yang ekonominya terdampak Covid-19.

"Harus ada kebijakan tidak biasa yang harus diambil pemerintah, yakni pencetakan uang. Meski diakui bertentangan dengan apa yang diajarkan selama ini," tutup Gita.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
M. Rio Fani
Zega

Zega

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US