Jhoni Ginting Resmi Jabat Dirjen Imigrasi yang Baru

- Senin, 4 Mei 2020 | 13:30 WIB
Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Ham, Jhoni Ginting. (Dok. Kemenkumham)
Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Ham, Jhoni Ginting. (Dok. Kemenkumham)

Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly secara resmi melantik Jhoni Ginting sebagai Direktur Jenderal Imigrasi pada Senin (4/5/2020) di Graha Pengayoman Jakarta. Jhoni Ginting sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kemenkumham sekaligus juga Pelaksana Tugas Dirjen Imigrasi.

Menkumham dalam sambutannya mengatakan, promosi, mutasi dan rotasi di Lingkungan Kemenkumham adalah hal biasa dalam sebuah organisasi. Dirinya juga berpesan kepada pejabat yang baru dilantik agar menyesuaikan diri.

"Menkumham memberikan beberapa tugas kepada Dirjen Imigrasi baru di antaranya bahwa imigrasi sebagai pintu gerbang harus aman dari lalu lintas orang asing yang melintas serta menerapkan protokol pencegahan COVID-19 di titik-titik masuk Indonesia," ujar Yasonna di Jakarta, Senin (4/5/2020).

Yasonna juga menugaskan agar Dirjen Imigrasi memberikan perhatian kepada Pekerja Migran Indonesia dan WNI yang pulang dari malaysia, Arab Saudi, dan negara lain untuk  tetap diperiksa dengan standar prosedur kedatanganan COVID-19.

“Layani mereka sebagaimana anda melayani saudara-saudara kita yang lainnya,” tuturnya.

Dalam penegakan hukum, Yasonna memerintahkan Dirjen Imigrasi baru agar menjalankan penegakan hukum keimigrasian dengan baik dan benar serta menutup setiap celah untuk melakukan pungli.

"Saya juga menginstruksikan agar memberikan partisipasi publik dalam pengawasan orang asing melalui wadah Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA)  yang selama ini telah dilakukan bersama stakeholder lainnya," tuturnya.

Dari sisi pelayanan keimigrasian, Yasonna pun memberikan amanah kepada Dirjen Imigrasi yang baru untuk memberikan pelayanan keimigrasian semaksimal dan seadil-adilnya sesuai peraturan hukum yang berlaku.

Untuk memperkokoh tulang punggung kesisteman, Menkumham juga menugaskan Jhoni Ginting sebagai Dirjen Imigrasi untuk membangun dan memperbaiki Sistem Manajemen Informasi Keimigrasian (SIMKIM) secara terstruktur, akuntabel, dan transparan agar lebih baik kedepannya.

“Saya tidak akan mentolerir siapapun yang menyalahgunakan kewenangan untuk kepentingan pribadi,” pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X