Anies Baswedan Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Aman di Tengah Pandemi Corona
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: INDOZONE/Murti Ali)
News

Anies Baswedan Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Aman di Tengah Pandemi Corona

Aman hingga dua bulan kedepan

Rabu, 01 April 2020 12:32 WIB 01 April 2020, 12:32 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, memastikan bahwa kebutuhan pokok di wilayahnya selama masa pandemi virus corona (Covid-19) aman atau tersedia. Bahkan persediaan terjamin hingga dua bulan kedepan.

"Aman. Jadi kebutuhan bahan pokok di Jakarta, Alhamdulillah aman. Kita siap meskipun tidak ada pasokan sekalipun, misalnya itu bisa terjamin sampai dua bulan ke depan," kata Anies di Gedung Balai Kota Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Anies menjelaskan, pihaknya terus mempersiapkan dan menjalankan upaya memasok kebutuhan pokok di DKI. Selain itu, rantai distribusi tidak mengalami kendela apa pun dan Pemprov DKI Jakarta juga menggandeng aparat unsur TNI-Polri untuk mengamankan persediaan kebutuhan pokok tersebut.

"Jadi Alhamdulillah pasokan jalan terus, tidak ada kendala dalam distribusi dan jalur-jalur untuk distribusi diamankan bersama-sama kepolisian dan TNI. Sehingga tidak ada gangguan untuk pasokan ke Jakarta," ungkapnya.

Pasar Tradisional,Anies Baswedan,Gubernur DKI Jakarta
Ilustrasi Pasar Tradisional. (Foto: ANTARA/novi Abdi)

Dia menambahkan, dalam menyiapkan persediaan kebutuhan pokok ini, Pemprov DKI Jakarta melalui Perusaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya juga akan memastikan Cipinang Food Station bahwa kebutuhan pokok masyarakat Jakarta distribusinya aman. 

Namun, Gubernur DKI Jakarta ini tidak menyebutkan berapa banyak stok kebutuhan pokok yang masih tersedia hingga saat ini.

Di samping itu, Pemporv DKI sudah mengeluarkan kebijakan agar masyarakat yang diminta tetap di rumah selama pandemi Covid-19 di Ibu Kota, tetap bisa penuhi kebutuhan pokok.

"Salah satu tantangan utama ketika tinggal di rumah kemudian harus memenuhi kebutuhan adalah mekanisme untuk mendapatkannya, distribusinya," tambahnya.

Ia mengatakan, guna mewujudkan itu, Pemprov DKI Jakarta sudah meminta dan membuat sebuah program bersama Perumda Pasar Jaya. Nantinya, masyarakat bisa berbelanja di Pasar Jaya lewat online atau berbasis dalam jaringan.

"Karena itu, ini bersama Perumda Pasar Jaya, kita membuat sebuah program yang insya Allah masyarakat bisa memanfaatkannya untuk belanja secara jarak jauh," ujarnya.

"Jadi, masyarakat di Jakarta bisa membeli kebutuhan-kebutuhannya di pasar secara langsung menelepon setiap pedagang yang ada di pasar itu," tambah dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Murti Ali Lingga