Nasdem: Hukuman Mati Tak Buat Jera Koruptor

- Selasa, 10 Desember 2019 | 17:20 WIB
Taufik Basari. (Antara/Dyah Dwi)
Taufik Basari. (Antara/Dyah Dwi)

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Taufik Basari menyatakan upaya hukuman mati bagi koruptor yang digaungkan oleh Presiden Joko Widodo tidak akan membuat jera para pelaku koruptor.

"Efek jera tidak melulu diukur berdasarkan mematikan pelaku. Apakah itu kemudian itu menimbulkan efek jera. Nah yang menimbulkan efek jera adalah penegakan hukum yang konsisten," ucapnya (10/12) di Gedung DPR Jakarta.

Dia menjelaskan upaya penegakan hukum yang konsisten dimana setiap terjadinya pelanggaran hukum, penegakan hukumnya selalu berjalan sesuai aturan, tanpa pandang bulu juga tebang pilih.

"Orang akan berpikir saya tidak punya peluang untuk berbuat kejahatan karena kalau saya berbuat kejahatan pasti dengan mudahnya saya akan dihukum. Jadi lebih ke situnya, bukan soal apakah hukuman mati atau tidak," jelasnya.

Menurutnya, banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjalani proses hukuman mati. Menurutnya, penegakan hukum yang konsisten bisa menimbulkan efek jera pada pelaku koruptor.

"Kalau ada kasus yang tak bisa masuk dalam kategori pemidanaan untuk hukuman mati, tentu kita enggak bisa bicara soal hukuman mati. Efek jera kan harus berlaku secara umum. Yang penting itu, ada penegakan hukum, penegakkan hukum dilakukan secara profesional dan konsisten kita lakukan, itu yang menimbulkan efek jera," ungkapnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X