Jokowi Pimpin Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan

- Minggu, 10 November 2019 | 09:35 WIB
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin saat melihat foto Pahlawan Nasional.(BPMI Setpres/Muchlis Jr).
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin saat melihat foto Pahlawan Nasional.(BPMI Setpres/Muchlis Jr).

Presiden Joko Widodo menjadi inspektur Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2019, di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, 10 November 2019.

Jokowi meletakkan karangan bunga di tugu TMPN Utama Kalibata dan usai upacara, menaburkan bunga di sejumlah makam pahlawan.

Upacara ziarah nasional di taman makam pahlawan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 2019.

Sebelumnya juga telah dilakukan upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada sejumlah tokoh oleh Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

Pada tahun ini, Jokowi menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam orang tokoh.  Mereka adalah Ruhana Kudus dari Provinsi Sumatera Barat, Sultan Himayatuddin Oputa Yii Ko dari Provinsi Sulawesi Tenggara, Prof M Sardjito dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdoel Kahar Moezakir dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Alexander Andries (AA) Maramis dari Provinsi Sulawesi Utara, dan KH Masykur dari Provinsi Jawa Timur.

Hari Pahlawan diperingati karena pada tanggal tersebut, rakyat dengan penuh semangat bersatu padu mengusir penjajah yang berniat menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. Salah satunya,  pada peristiwa heroik di Surabaya, 10 November 1945.

 

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X