Ada Virus Corona, TNI AU Siapkan Kontainer Isolasi Medik Udara

- Rabu, 11 Maret 2020 | 16:15 WIB
Panglima TNI saat meninjau Kontainer Isolasi Medik Udara milik TNI AU. (Puspen TNI)
Panglima TNI saat meninjau Kontainer Isolasi Medik Udara milik TNI AU. (Puspen TNI)

TNI Angkatan Udara menyiapkan Kontainer Isolasi Medik Udara (KIMU), yang berfungsi sebagai kontainer evakuasi pasien dengan penyakit infeksi, seperti Virus Corona atau Covid-19.

Hal ini dikatakan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat meninjau KIMU yang berada di pesawat Hercules C-130 dengan nomor registrasi A 1327 di Lanud TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

"Ini adalah kontainer isolasi medis udara, dimana bisa kita memiliki pasien positif terkena virus, seperti virus corona, kita akan memasukkannya ke dalam (saat penerbangan)," jelas Panglima TNI

-
Panglima TNI melihat brankar untuk pasien dengan penyakit infeksi, seperti virus corona. (Puspen TNI)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan TNI AU Marsekal Pertama TNI Isdwiranto Iskanto menerangkan, kontainer medis udara ini bertekanan negatif dan dilengkapi sinar ultraviolet, sehingga virus yang ada di dalam bisa terbunuh karena terkena sinar UV. 

"Sehingga, udara yang keluar sudah dalam keadaan bersih. Ini digunakan untuk mengevakuasi medis udara dengan kontainer ini," ungkapnya.

-
Panglima TNI usai meninjau fasilitas Kontainer Isolasi Medik Udara. (Puspen TNI)

“Dalam waktu satu minggu kita selesaikan ini. Di dalamnya kami buat penyaring udara High Efficiency Particulate Air, untuk menyaring partikel virus yang ada. Kemudian, terkena sinar UV dengan tekanan negatif dan dikeluarkan sudah dalam keadaan bersih," imbuhnya.

Ditambahkan olehnya, kontainer buatan Inggris dengan kapasitas 8 tempat duduk pasien dan 2 tenaga kesehatan ini, bisa digunakan untuk memindahkan pasien positif terinfeksi virus corona maupun virus lainnya yang membutuhkan tindakan segera, dari satu daerah ke rumah sakit rujukan dengan dimuat dalam pesawat C-130 Hercules.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X