Milenial Maju Pilkada, Pengamat: Jangan Cuma Muda, Tapi Miskin Gagasan
Ilustrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada). (ANTARA/Risky Andrianto)
News

Milenial Maju Pilkada, Pengamat: Jangan Cuma Muda, Tapi Miskin Gagasan

Perlu bekal khusus.

Kamis, 27 Februari 2020 15:13 WIB 27 Februari 2020, 15:13 WIB

INDOZONE.ID - Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Indostrategi, Arif Nurul Imam menyatakan calon kepala daerah milenial di Pilkada 2020 memiliki potensi besar untuk unggul lantaran jumlah pemilih dari kalangan milenial juga berlimpah jumlahnya.

Namun, bukan sekadar mengandalkan sisi milenialnya, para calon kepala daerah ini perlu memiliki bekal khusus yang berbeda dari calon kepala daerah yang berusia matang.

"Bekal yang diperlukan calon kepala daerah milenial, tentu saja tak boleh sekadar muda, melainkan harus memiliki gagasan, program kerja nyata, memperluas basis sosial politik dan meningkatkan skill politiknya sekaligus mampu menjawab persoalan masyarakat. Tak boleh sekadar milenial, tapi miskin gagasan dan minim basis sosial," ucapnya saat dihubungi Indozone, Kamis, (27/2/2020).

Dia juga mengatakan para calon kepala daerah milenial harus memiliki program dan gagasan yang menarik. Termasuk hal-hal lokal di daerah mereka.

"Terkait program milenial yang menarik dalam Pilkada 2020 tentu tiap daerah memiliki 'kelokalan' masing-masing, hanya ada sifat milenial yang menjadi gejala umum seperti melek informasi, independen, tak mau dikooptasi, suka hal dan pengalaman baru bisa menjadi basis menyusun program kampanye di kontekskan dengan kelokalan masing-masing," ujarnya.

Menurutnya, kalangan milenial merupakan kategori pemilih yang berjumlah besar sehingga secara elektoral menjadi menarik dan diperebutkan para politisi. 

"Pilkada 2020 misalnya, bisa menjadi salah satu uji coba politik para milenial yang terjun di perhelatan Pilkada tentu akan berdampak di Pemilu 2024. Jika sukses di pilkada 2020 ini akan direplikasi di Pemilu 2024, baik strategi maupun narasi politiknya," ungkapnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani
Mula Akmal

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU