Alamak! Jokowi Masih Punya PR Besar
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Antara/Puspa Perwitasari)
News

Alamak! Jokowi Masih Punya PR Besar

Manusia tak ada yang sempurna.

Muhammad Wirawan Kusuma
Jumat, 18 Oktober 2019 13:43 WIB 18 Oktober 2019, 13:43 WIB

INDOZONE.ID - Periode pertama kepemimpinan Presiden Joko Widodo bisa dibilang berjalan mulus. Namun, kalau kata orang, tak ada yang sempurna. 

Selalu ada kekurangan, termasuk kepemimpinan Jokowi. Tak semua berhasil dituntaskan dalam periode pertama ini. 

Periode pertama kepemimpinan Jokowi masih meninggalkan masalah, terutama di bidang penegakan hukum. Itu yang menjadi beban mantan Gubernur DKI Jakarta di periode kedua nanti. 

Ketua Bidang Advokasi Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Muhamad Isnur menyatakan, Jokowi harus kembali meninjau visi dan misinya. Pasalnya, visi-misi baru Jokowi sangat tidak baik jika dibandingkan dengan Nawacita yang komprehensif. 

"Jokowi harus melihat kembali Nawacita yang pertama dan menyelesaikan hutang-hutang yang merupakan janji tersebut," kata Isnur saat dihubungi, Jumat (18/10). 

Menurutnya, ada tiga catatan terkait penegakan hukum di periode pertama Jokowi. Sebut saja penegakan hukum sebagai alat kriminalisasi dan penegakan hukum sebagai alat diskriminasi

Belum lagi Kejaksaan Agung yang dinilai menghambat penuntasan pelanggaran HAM berat dan menjadi alat impunitas.

Selama ini, lanjut Isnur, proses penegakan hukum sebagai alat kriminalisasi yang dimaksud lantaran tidak adanya check and balances, akuntabilitas, serta Habeas Corpus pada saat penentuan tersangka. 

"Selain itu lemahnya akuntabilitas penahanan dan penahanan berkepanjangan. Tidak adanya batas status tersangka dan pembatasan akses penasihat hukum," ujarnya. (MA)

Artikel Menarik Lainnya:

Muhammad Wirawan Kusuma
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU