Prestasi! PUPR Jadi Juara 2 Kementerian Paling 'Jago' Belanja

- Jumat, 25 Oktober 2019 | 09:04 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Indozone/Sigit N)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Indozone/Sigit N)

Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim berhasil menjadi juara 2 Kementerian/Lembaga yang memiliki anggaran diatas Rp10 triliun dan paling 'jago' menyerap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sebagaimana diketahui, terdapat 12 Kementerian/Lembaga yang memiliki anggaran diatas Rp 10 triliun di Indonesia. 

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, tercatat persentase Nilai Kinerja Anggaran (NKA) 2019 Kementerian PUPR sebesar 74,22 persen, sedangkan NKA nasional adalah 47,99 persen. Capaian Kementerian PUPR ini juga lebih tinggi dari tahun anggaran 2018 yakni 64,92 persen dan 59,43 persen pada 2017. 

Peringkat NKA sendiri dikeluarkan setelah dilakukan evaluasi secara proporsional terhadap peran masing-masing variabel penyerapan anggaran, konsistensi penyerapan anggaran terhadap perencanaan, efisiensi, dan capaian keluaran.

“Setiap rupiah yang dibelanjakan harus bisa memberi dampak terhadap kinerja perekonomian. Kita harus hati-hati dalam membelanjakan uang negara,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kamis (25/10). 

Menurut Basuki, evaluasi kinerja anggaran merupakan alat untuk membuktikan apakah dokumen anggaran telah dilaksanakan sesuai rencana, dan sebagai umpan balik (feed-back) untuk perbaikan (improve) penganggaran pada periode berikut-berikutnya.

"Capaian ini merupakan indikator peningkatan kinerja dan pengelolaan kualitas belanja anggaran infrastruktur yang memberikan manfaat sebesar-besarnya (value for money) bagi pembangunan Indonesia," tuturnya. (SN)

Artikel Menarik Lainnya:

Cuaca Hari Ini: DKI Jakarta Cerah Berawan

5 Fakta Menarik Pelangi, Nomor 1 Kamu Pasti Baru Tau!

Ini Starter Pack Hadapi Cuaca Panas!

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X