Mengapa Warga Kepulauan Riau Pilih ke Jakarta Lewat Singapura?
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/Ilustrasi

Mengapa Warga Kepulauan Riau Pilih ke Jakarta Lewat Singapura?

indozone
Indozone News Jumat, 14 Juni 2019 17:35 WIB 14 Juni 2019, 17:35 WIB

Pada awal tahun 2019, warga Aceh membuat heboh. Beberapa warga Aceh memilih terbang ke Jakarta lewat Kuala Lumpur, Malaysia, ketimbang melakukan penerbangan langsung. 

Harga tiket yang mahal menjadi penyebab. Mereka menilai pengeluaran untuk perjalanan ke Jakarta akan lebih murah jika melakukan transit di Kuala Lumpur.

Fenomena itu kembali terjadi. Kali ini, warga Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, memilih ke Jakarta melalui Bandara Changi, Singapura. Alasannya sama, lantaran harga tiket pesawat mahal.

"Harga tiket pesawat lebih murah kalau dari Singapura ke Jakarta, dibanding dari Tanjung Pinang atau Batam ke Jakarta," kata anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Rudy Chua di Tanjung Pinang, Jumat (14/6/2019).

Dipaparkan Rudy kepada Antara, harga tiket pesawat dari Tanjung Pinang ke Jakarta bisa mencapai lebih dari Rp 1 juta. Harga ini bisa lebih mahal pada hari libur. 

Sementara harga tiket dari Singapura ke Jakarta sekitar Rp600 ribu. "Bahkan ada tiket dari Singapura ke Jakarta hanya Rp400.000-an," ucap Rudy.

Untuk ke Singapura, warga Tanjung Pinang hanya perlu mengeluarkan uang Rp220 ribu jika menggunakan kapal laut. Sementara jika naik bus, mereka hanya perlu keluar uang dua dolar Singapura (setara Rp21 ribu).

Pengakuan Warga Tanjung Pinang

Penuturan Rudy senada dengan Yon, warga Tanjung Pinang yang kerap ke Jakarta untuk urusan pribadi. Demi menghemat pengeluaran, dia memilih lewat Singapura. 

"Kalau dulu lewat Tanjung Pinang atau Batam ke Jakarta harga tiket relatif terjangkau. Kalau sekarang saya tidak sanggup," katanya.

Begitu juga dengan Irul yang memanfaatkan harga tiket pesawat Singapura-Jakarta yang lebih murah. Bahkan, dia punya keuntungan lain, yaitu menikmati tempat wisata di Singapura. 

    Indozone Media

    Iwan

    Editor