DPRD Rampungkan Pembentukan Panitia Pemilihan Wagub DKI

- Jumat, 21 Februari 2020 | 14:04 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik, memberikan penjelasan kepada awak media di Gedung Balai Kota Jakarta, Jumat (21/2/2020). (INDOZONE/Murti Ali Lingga)
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik, memberikan penjelasan kepada awak media di Gedung Balai Kota Jakarta, Jumat (21/2/2020). (INDOZONE/Murti Ali Lingga)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terus memproses dan melengkapi alat kelengkapan untuk pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta. Terbaru, dewan tengah menggodok keberadaan panitia pemilihan (Panlih).

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik, mengatakan proses pembentukan Panlih segara rampung dan ditargetkan awal pekan depan.

"Target selesai pembentukannya Selasa atau Rabu selesai. Kami sudah bersurat ke fraksi-fraksi," kata Taufik saat ditemui di Gedung Balai Kota Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Taufik menjelaskan, dewan secara kelembagaan telah berkirim surat ke tiap fraksi untuk menunjuk dan mengutus yang akan duduk menjadi Panlih. Sehingga proses untuk pemimilihan Wagub yang sudah lama kosong segera direalisasikan.

"Kami bersurat setiap fraksi satu orang," ujarnya.

Dia menambahkan, pada Selasa (25/2) setidaknya sudah terbentuk struk Panlih setelah fraksi-fraksi mengutus satu orang nama. Meskipun demikian, ia masih terus memantau dan mengikuti perkembangan lanjutannya.

"Paling tidak Selasa lah. Senin bersurat nanti kami lihat masing-masing fraksi nanti menyerahkan," tambanya.

Sejak beberapa waktu lalu, DPRD telah bekerja dan memproses pemilihan Wagub DKI Jakarta. Seperti pembahasan dan pembentuk tata tertib (tatib) pemilihan. Lalu menyusul pembentukan Panlih.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, berharap DPRD segera memproses dan memilih wakilnya, Wakil Gubernur (Wagub) yang baru. Apalagi, dua nama sosok bakal pendampingnya telah diserahkan oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

"Mudah-mudahan segera berproses di DPRD, gitu ya," kata Anies ketika ditemui di Balai Agung Gedun Balai Kota, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Anies menuturkan, selama ini dirinya mengenal baik dua sosok Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta, dari Gerindra dan PKS itu. Bahkan kerap bertemu di berbagai acara atau pertemuan. Kedua figur itu ialah Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis.

"Kalau dengan dua-duanya (kenal), tadi saya ketemu dengan Pak Riza, jadi ya sering ketemunya di acara," ujarnya.

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X