Selamatkan Bumi dari Iklim Ekstrem, Pangeran William Gelar Perlombaan

- Kamis, 2 Januari 2020 | 13:51 WIB
REUTERS/Neil Hall
REUTERS/Neil Hall

Memasuki tahun baru, setiap orang tentu sudah menyiapkan sederet harapan yang ingin dicapai. Hal ini pula yang dilakukan oleh Pangeran William dan Kate Middleton. Untuk merayakan tahun baru, Pangeran William dan Kate Middleton akan membuat pelombaan dalam rangka penyelamatan bumi yang diberi nama Earthshot Prize.

Melansir dari Express, perlombaan ini nantinya akan dibanjiri hadiah bernilai jutaan poundsterling. Perlombaan peduli lingkungan dari Pangeran William ini dimaksudkan, agar banyak masyarakat di seluruh dunia bergegas menyelamatkan bumi dari iklim ekstrem dan krisis ekologi selama satu dekade.

Setiap tahunnya, akan dipilih lima pemenang yang dinilai dari ide-ide kreatif. Perlombaan ini juga dimaksudkan untuk menangani masalah terbesar yang akan terjadi di tahun 2030.

Bekerja sama dengan Sir David Attenborough, Pangeran William berjarap perlombaan Earthshot Prize ini, akan jadi hadiah pertandingan lingkungan yang paling bergengsi dalam sejarah. Peluncuran perlombaan ini sendiri diunggah di akun Twitter kerajaan Kensington.

Dalam unggahan itu terlihat, Pangeran William tengah berada di Pakistan dengan latar belakang bukit dan bebatuan. Ada sebuah pesan tersirat dalam unggahan foto Pangeran William ini.

"Bumi berada pada titik kritis dan kita menghadapi pilihan yang sangt jelas, apakah akan terus berlanjut seperti ini dan merusak planet hingga tidak dapat diperbaiki atau mencari kekuatan unik sebagai manusia dan kemampuan yang terus menerus guna memimpin, berinovasi, dan memecahkan masalah? tulis Pangeran William.

"Ingatlah peradaban menakjubkan yang menginspirasi dan telah dibangun, teknologi penyelamatan jiwa yang telah diciptakan, serta fakta bahwa manusia berhasil berada di bulan. Orang bisa mencapai hal-hal besar. Sepuluh tahun mendatang kami meluncurkan perlombaan terbesar kami, satu dekade tindakan untuk memperbaiki bumi," sambung Pangeran William.

Dalam beberapa bulan kedepan, kerajaan Kensington akan mengumumkan lima permasalahan bumi, yang berakar pada sains. Di sini, masyarakat diminta untuk mengajukan ide kreatif tentang cara penyelesaian permasalahan tersebut.

Perlombaan ini dapat diikuti oleh siapa saja, mulai dari ilmuwan, aktivis, ekonom, pemimpin, baik itu pihak pemerintah, bank, bisnis, kota dan negara, asalkan mampu membuat pengembangan substansial atau konstribusi luar biasa untuk memecahkan masalah.

-
REUTERS/Asadour Guzelian

Dengan perlombaan ini, Pangeran William berharap dapat membantu menciptakan teknologi baru dan kebijakan global untuk melawan perubahan iklim dan pemanasan global.

Sebelum meluncurkan perlombaan lingkungan ini, Pangeran William telah berbicara dengan sekitar 60 organisasi dan para pakar. Ia juga sudah berbincang bersama ayah dan kakeknya, Pangeran Charles dan Pangeran Philip.

Awalnya, pemberian hadiah akan diberikan oleh William dan Kate's Royal Foundation, namun ke depannya, ia berharap ada organisasi independen yang ikut turut serta.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X