Pemerintah Rancang Ekosistem Bisnis Industri Fesyen

- Minggu, 5 Desember 2021 | 09:23 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam acara peresmian
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam acara peresmian

Pemerintah akan merancang ekosistem bisnis untuk industri fesyen untuk menghubungkan rantai suplai dari hulu hingga hilir. Pengembangan ini dinilai penting mengingat industri fesyen menjadi salah satu penyumbang terbesar produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada sektor ekonomi kreatif.

“Ekosistem itu melibatkan para desainer, produksi, hingga akses terhadap materialnya,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ketika meresmikan "Jakarta Fashion Hub" (JFH) di Kebon Melati, Jakarta Pusat, Jakarta, Sabtu (4/12) sebagaimana disampaikan dalam keterangan pers.

Dia menjelaskan, terdapat 17 subsektor ekonomi kreatif yang menyumbang Rp1.100 triliun terhadap PDB Indonesia sepanjang 2020. Fesyen berada dalam tiga besar subsektor penyumbang terbesar PDB maupun dari segi ekspor, selain kuliner dan kriya.

Sandiaga mengatakan, industri fesyen Indonesia memiliki potensi besar karena memiliki sumber daya manusia yang banyak dan dapat meningkatkan jumlah produksi. Kekayaan alam dan budaya Indonesia yang luas juga memungkinkan diversifikasi karya yang beragam.

"Namun memiliki nilai dan cerita tersendiri, seperti pada corak wastra nusantara, dan jumlah konsumen potensial yang meningkat walaupun pandemi Covid-19, hingga 300 persen,” katanya.

Adapun Jakarta Fashion Hub merupakan co-working space yang diinisiasi Asia Pacific Rayon (APR), yang ditujukan kepada para penggemar fesyen yang ingin menyalurkan semangat berkarya hingga menciptakan merek fesyen tersendiri.

Kehadiran JFH diharapkan dapat memperkuat DKI Jakarta sebagai sentra fesyen di Indonesia, serta dapat mendorong munculnya fashionpreneur dan creativepreneur baru. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat berkontribusi dalam pengembangan industri fesyen dan tekstil lokal.

“Besar harapan saya agar acara ini dapat memberikan inovasi dan pandangan bagi para pelaku ekonomi kreatif, dan semoga segala kemudahan ini bisa meningkatkan semangat berkontribusi untuk membangkitkan ekonomi kreatif Indonesia,” ujar Sandiaga.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X