The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sempat Ditahan, Perdana Menteri Sudan dan Istrinya Diizinkan Pulang Militer
Perdana Menteri Sudan, Abdalla Hamdok. (REUTERS/Sarah Meyssonnier)
News

Sempat Ditahan, Perdana Menteri Sudan dan Istrinya Diizinkan Pulang Militer

Rabu, 27 Oktober 2021 09:56 WIB 27 Oktober 2021, 09:56 WIB

INDOZONE.ID - Perdana Menteri Sudan yang digulingkan dan istrinya telah diizinkan pulang sehari setelah mereka ditahan militer yang merebut kekuasaan.

Pembebasan Perdana Menteri Abdalla Hamdok dan istrinya Selasa malam menyusul kecaman internasional atas kudeta dan seruan bagi militer untuk membebaskan semua pejabat pemerintah yang ditahan pada hari Senin.

Dilansir Guardian, pernyataan kantor berita Hamdok mengatakan pejabat pemerintah lainnya masih tetap ditahan, namun tidak diketahui lokasinya.

Baca juga: Kudeta Berdarah Sudan, Perdana Menteri Hamdok Ditahan di Rumah Ketua Dewan Militer

Sementara Perdana Menteri dan Istrinya berada di bawah pengamanan yang ketat di rumahnya di daerah kelas atas Kafouri di ibu kota Khartoum.

Pada Selasa malam, Uni Eropa mengatakan bahwa rezim baru akan menghadapi konsekuensi serius, termasuk penarikan dukungan keuangan.

Pada hari ini Jenderal Abdel-Fattah Burhan mengatakan dalam konferensi media yang disiarkan televisi bahwa Hamdok telah ditahan untuk keselamatannya sendiri dan akan dibebaskan.

Tapi, dia memperingatkan bahwa anggota lain dari pemerintah yang dibubarkan dapat diadili ketika protes terhadap kudeta berlanjut di jalan-jalan.

Pada hari Selasa, demonstran pro demokrasi memblokir jalan-jalan di ibu kota dengan barikade darurat dan membakar ban. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan menembakkan gas air mata ke pengunjuk rasa yang memblokir jalan utama yang menentang kudeta. Sedikitnya 10 orang tewas dalam kerusuhan sejak Senin.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Fitri
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US