Leganya Dea Alias Sumanto, Transgender yang Kini Mempunyai KTP

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 13:19 WIB
Dea telah memiliki KTP (ANTARA/Walda)
Dea telah memiliki KTP (ANTARA/Walda)

Seorang transgender asal Depok yang bernama Dea (25) akhirnya bisa bernapas lega setelah memiliki Kartu Tanda Penduduk. Dea dibantu oleh Disdukcapil Provinsi DKI untuk menerbitkan KTP-nya.

Dengan KTP yang telah diperbaharui tersebut, Dea bisa menggunakannya untuk beragam aktivitas, salah satunya mengikuti vaksinasi Covid-19.

Dilansir Antara, Minggu (15/8/2021), Dea mengaku sempat tidak bisa mengikuti vaksinasi lantaran tidak punya KTP. Yang dia miliki hanyalah resi tanda sedang mengurus KTP di salah satu kantor pemerintah di wilayah Depok (Jawa Barat).

"Dari bulan kemarin mau vaksin kan, tapi saya dibilang 'Ada KTP ada ngga?', saya pakai resi dulu, tapi akhirnya enggak bisa katanya harus ada KTP asli yang diurus di sini," kata Dea.

Transgender bernama asli Sumanto ini sempat mengurus KTP di Depok. Tapi, KTP-nya tak kunjung selesai karena beragam alasan.

"Alasan blankonya belum ada dari sananya. Saya sabar menunggu blanko keluar, setelah setahun enggak ada juga," kata Dea.

Kini, setelah memiliki KTP, Dea merasa lebih tenang. Dia juga berniat segera mengikuti program vaksinasi massal.

Sebelumnya, Plt Kadis Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaludin mengatakan  pihaknya menerima lima transgender yang ingin mengurus pergantian KTP dalam sehari. Syaratnya cukup dengan KTP terdahulu dan Kartu Keluarga (KK).

Sedangkan untuk transgender yang belum mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), pihak Dukcapil akan melakukan pemeriksaan identitas di sistem kependudukan.

Nantinya yang berubah dalam KTP hanya foto wajah saja, sedangkan keterangan nama dan jenis kelamin tidak berubah.

"Kalau jenis kelamin tidak berubah, kalau mau diganti harus ada keputusan pengadilan," kata Budi.

Budi memastikan pelayanan bagi para transgender akan dilakukan secara maksimal sehingga mereka mendapatkan hak yang sama sebagai warga negara Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X