Suasana Terkini Pasar Gembrong, Puing Bangunan Berserakan dan Warga Mulai Mengungsi

- Senin, 25 April 2022 | 14:59 WIB
Suasana pasca kebakaran dan tempat pengungsian di Pasar Gembrong, Jaktim. (Indozone/Sarah Hutagaol)
Suasana pasca kebakaran dan tempat pengungsian di Pasar Gembrong, Jaktim. (Indozone/Sarah Hutagaol)

Ratusan bangunan berupa rumah dan pertokoan di kawasan Pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur hangus dilalap api imbas kebakaran yang terjadi pada Minggu (24/4/2022) malam.

Berdasarkan pantauan, terlihat puing-puing bangunan rumah, mulai dari kayu, kaca hingga seng berserakan di lokasi terjadinya kebakaran. Bentuk bangunan pun sudah tidak karuan.

Warga yang kehilangan rumahnya pun diberikan bantuan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yakni berupa tenda untuk tempat mengungsi sementara.

Tenda yang cukup besar di beberapa titik pad kawasan tersebut sudah didirikan. Perlahan warga pun mulai mengisi bersama dengan para keluarganya.

Warga yang mengungsi di tenda itu pun kebanyakan menambahkan alasnya dengan menggunakan tikar. Nampak warga sempat memilih pakaian yang di tumpuk di depan untuk digunakan.

-
Suasana pasca kebakaran di Pasar Gembrong, Jaktim (Indozone/Sarah)

BACA JUGA: Anggota DPRD DKI Protes Anies Tak Hadiri Paripurna dan Pilih ke Pasar Gembrong

Kebanyakan dari warga yang telah berada di tenda pengungsian adalah ibu-ibu, dan juga anak-anak, para lelaki terlihat masih mengurusi dan membersihkan puing-puing bangunan yang terdampak.

Sebelumnya Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur mencatat ada sebanyak 400 bangunan yang berupa rumah dan pertokoan yang ludes terbakar akibat insiden itu.

Imbas dari kejadian tersebut pun diperkirakan memberikan dampak kerugian sebesar Rp1,5 miliar, serta ada sebanyak 400 KK atau 1.000 orang jiwa yang terdampak dari kebakatan pada Minggu (24/4/2022) malam.

Sekadar diketahui, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan menyiapkan pengungsian yang akan menjadi tempat tinggal sementara kepada para warga yang terdampak kebakaran di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun berjanji terkait kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh warga yang mengungsi sementara akan segera disalurkan.

"Bagi warga siapkan tempat tinggal sementara, kebutuhan dasarnya, makan minum sandang disiapkan biar warga tetap bisa tinggal di sini, tidak terlantar," ucapnya Senin (25/4/2022).

-
Suasana pasca kebakaran dan tempat pengungsian di Pasar Gembrong, Jaktim (Indozone/Sarah)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X