Ribuan Warga Terdampak Kebakaran Kompleks Borobudur Papua Diungsikan ke Tenda Darurat

- Kamis, 30 September 2021 | 15:18 WIB
Anggota Koramil 01-1801 di Manokwari membantu memindahkan anak-anak dan perempuan korban kebakaran dari atas kapal motor mesin ke tempat pengungsian sementara, Kamis (30/9/2021) (Antara)
Anggota Koramil 01-1801 di Manokwari membantu memindahkan anak-anak dan perempuan korban kebakaran dari atas kapal motor mesin ke tempat pengungsian sementara, Kamis (30/9/2021) (Antara)

Ribuan warga yang terdampak kebakaran kompeks Borobudur, Manokwari, Papua Barat diungsikan ke tenda darurat yang didirikan oleh Kodim 1801/Manokwari, Kamis (30/9/2021).

Warga yang terdampak kebakaran itu diungsikan ke pengungsian sementara karena kebanyakan ibu dan anak-anak.

"Seluruh Babinsa teritori Manokwari Barat dikerahkan untuk mengevakuasi warga korban kebakaran dengan mendirikan tenda sebagai tempat pengungsian sementara sambil menunggu respons pemerintah setempat," ujar Komandan pos Koramil 01-1801Manokwari Barat, Pembantu Letnan Dua Said Wali dilansir Antara.

Hingga petang ini dua unit tenda darurat ukuran besar sudah terpasang di kawasan Pelayaran Borasi Manokwari, diutamakan untuk menampung warga lanjut usia, ibu dan anak-anak korban kehilangan rumah akibat kebakaran.

"Kami bersama warga sudah dirikan dua tenda darurat ukuran besar dilengkapi makanan siap saji sumbangan wakil rakyat di kabupaten dan provinsi Papua Barat," ujarnya.

Selanjutnya La Setia Baria ketua RT 002/ RW 003 Kelurahan Padarni, mengatakan 800 kepala keluarga yang bermukim di kawasan Borobudur Manokwari itu  didominasi nelayan asal Sulawesi Tenggara.

95 persen warga di sini bekerja sebagai nelayan dari suku Buton, Sulawesi Tenggara. Dari 800 KK dan 1500 jiwa, mereka tersebar di tiga RT dan dua RW," ujarnya.

Dia berharap ada perhatian pemerintah setempat untuk menyediakan tempat tinggal sementara bagi ribuan warga komplek Borobudur yang kini kehilangan tempat tinggal. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X