The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gunung Berapi Meletus di Tonga, 2 Pulau Sempat Hilang karena Tsunami
Gunung Hunga Tonga-Hunga sebelum meletus. (Planet Labs PBC via REUTERS)
News

Gunung Berapi Meletus di Tonga, 2 Pulau Sempat Hilang karena Tsunami

Picu tsunami hingga Australia

Minggu, 16 Januari 2022 17:51 WIB 16 Januari 2022, 17:51 WIB

INDOZONE.ID - Gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apa di negara Kepulauan Tonga, meletus pada Sabtu (15/1/2022) hingga memicu tsunami. Dampak dari erupsi gunung berapi bawah laut itu juga membuat dua pulau sempat hilang dari permukaan laut.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami  BMKG, Daryono mengungkapkan dua pulau yang sempat hilang itu adalah Pulau Nuku dan Tsu.

“Pulau Nuku dan Tsu sempat hilang dari permukaan laut, disapu tsunami akibat erupsi Gunung Hunga-Tonga,” tulis Daryono di akun Twitter-nya @DaryonoBMKG, Minggu (16/1/2022).

Sementara itu seorang peneliti bencana Andreas Schafer, mengunggah foto citra satelit yang diambil oleh Sentinel Hub. Gambar memperlihatkan Pulau Nuku dan Tsu yang menghilang pasca erupsi gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apa.

Baca juga: Ardhito Pramono Ajukan Rehabilitasi Usai Diciduk Polisi Terkait Narkoba

“Citra satelit memperlihatkan dampak tsunami. Tampaknya Pulau Nuku dan Tsu yang tidak berpenghuni telah terkikis habis. Tetangga mereka yang lebih besar, Tonumea dan Kelefesia, sebagian terendam,” katanya mengungkapkan.



Sebelumnya, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, menjelaskan letusan gunung api tersebut tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia. Hal itu berdasarkan hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh BMKG.

“Ancaman tsunami tersebut tidak menimbulkan bahaya di wilayah Indonesia,” kata Bambang dalam pernyataan tertulis.

“Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya menambahkan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
Rachmat Fahzry
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US