The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kurang Kerja Sama, Arab Saudi Khawatir Terkait Program Nuklir Iran
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz. (Saudi Press Agency/Handout via REUTERS)
News

Kurang Kerja Sama, Arab Saudi Khawatir Terkait Program Nuklir Iran

Iran diminta mengubah perilaku negatif.

Kamis, 30 Desember 2021 12:41 WIB 30 Desember 2021, 12:41 WIB

INDOZONE.ID - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz menyampaikan kekhawatirannya karena kurangnya kerja sama Iran dengan masyarakat internasional terkait program nuklir dan rudal balistiknya.

Dalam pidatonya dihadapan Dewan Syura penasehat Arab Saudi pada hari Rabu (29/12/2021) Raja Salman berharap Iran mengubah perilaku negatifnya di Timur Tengah dan memilih dialog serta kerja sama.

"Kami mengikuti dengan prihatin kebijakan pemerintah Iran yang mengganggu stabilitas keamanan dan stabilitas regional, termasuk membangun dan mendukung milisi bersenjata sektarian dan menyebarkan kekuatan militernya di negara lain," kata Raja Salman dalam pidato, dikutip dari Reuters.

"Kami mengikuti dengan keprihatinan kurangnya kerja sama dengan masyarakat internasional mengenai program nuklirnya dan pengembangan rudal balistiknya," tambah Raja.

Sebagai sekutu utama Barat di negara-negara Teluk, Arab Saudi terlibat dalam persaingan sengit dengan Iran di Timur Tengah, di mana kedua belah pihak telah mendukung faksi-faksi yang berlawanan dalam beberapa konflik termasuk di Yaman, Suriah dan Lebanon.

Baca juga: Arab Saudi Berhasil Hadang 2 Rudal Balistik dari Yaman

Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya mengusir utusan Lebanon pada Oktober dalam perselisihan diplomatik yang menambah krisis ekonomi Lebanon.

Para pejabat Saudi mengatakan argumen dengan Beirut berasal dari pengaturan politik Lebanon yang memperkuat dominasi kelompok bersenjata Hizbullah yang didukung Iran.

Untuk mereda ketegangan, para pejabat Arab Saudi dan Iran bertemu untuk melakukan pembicaraan langsung tahun ini, tapi keduanya belum memberikan terobosan.

"Arab Saudi Khawatir Terkait Program Nuklir Iran karena Kurangnya Kerja Sama"

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Fitri
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US