Mengenal Lebih Dekat G20: dari Sejarah, Anggota, hingga Tujuannya

- Jumat, 25 Maret 2022 | 16:02 WIB
Pengendara motor melintas di depan logo Presidensi G20 Indonesia 2022 di Bundaran HI, Jakarta. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Pengendara motor melintas di depan logo Presidensi G20 Indonesia 2022 di Bundaran HI, Jakarta. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

2022 bakal menjadi tahun yang bersejarah bagi Indonesia. Pasalnya di tahun ini, Indonesia dipercaya menjadi Presidensi Group of Twenty (G20) untuk satu tahun kalender secara penuh.

Pengukuhan Indonesia sebagai Presidensi sendiri telah dilakukan serah terima presidensi dari Italia selaku negara presidensi G20 2021. Hal tersebut berarti Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelengara KTT G20 yang dihelat sejak 31 Desember 2021 hingga KTT G20 2022 pada Bulan November mendatang.

Presidensi G20 sendiri mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Koordinator bidang Perekonomian. Yang mana berarti Indonesia mengajak dunia untuk bersama-sama mencapai pemulihan secara keseluruhan.

Lantas Apa Itu G20?

G20 merupakan forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara dengan satu kawasan, yakni Uni Eropa. G20 sendiri mempresentasikan lebih dari 60 persen populasi di dunia.

Baca Juga: Erick Thohir Terus Berkomitmen Kembangkan EBT di Indonesia, Energy Watch Berikan Apresiasi

Tidak hanya itu, G20 juga mempresentasikan sekira 75 persen perdagangan dan juga 80 persen PDB di dunia. Fokus G20 sendiri umumnya mencakup perekenomian dan isu-isu penting yang terkait seperti perubahan iklim, energi global, populasi, hingga dampak demografis.

Bagaimana Sejarah Terbentuknya G20?

G20 resmi didirikan pada 26 September 1999 atas inisiasi tujuh negara yang lebih dikenal sebagai G7. G7 membentuk sebuah forum multilateral tersebut dengan tujuan untuk sebagai tanggapan atas beberapa krisis dunia yang terjadi kala itu.

Para Menteri Keuangan serta Gubernur Bank Sentral yang saat itu terlibat bertujuan untuk mencari solusi terkait krisis moneter yang memang dialami oleh sebagaian besar negara-negara pada saat itu.

Seiring berjalannya waktu, forum multilateral tersebut berkembang hingga menjadi G20 seperti yang kita kenal saat ini. Bahkan dalam KTT G20, tak hanya pejabat negara saja yang berhak ikut namun juga sejumlah organisasi non pemerintahan macam IMF atau Bank Dunia.

Siapa Saja Anggota G20?

Seperti namanya, G20 sendiri beranggotakan 19 negara dan 1 kawasan, yaitu Uni Eropa. Ke-19 Negara yang berstatus sebagai anggota G20 diantaranya ialah Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Setalan, Inggris, Turki, dan Amerika Serikat.

Sekadar informasi, Indonesia sendiri memang sudah menjadi anggota G20 semenjak forum ini dibentuk pada 26 September 1999. Diikutsertakan Indonesia memang sangat krusial lantaran Indonesia dinilai memiliki potensi ekonomi yang besar, serta menjadi perwakilan dari sudut pandang negara dengan mayoritas beragama Muslim.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X