Klaim Tak Pernah Larang Warga Berjualan, Kapolda Metro: Kami Hanya Mengatur

- Minggu, 18 Juli 2021 | 16:07 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran saat memberikan arahan pada apel Operasi Keselamatan Jaya, Senin (12/4/2021). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran saat memberikan arahan pada apel Operasi Keselamatan Jaya, Senin (12/4/2021). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebutkan bahwa pihaknya tak pernah melarang warga Ibukota untuk berjualan selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Fadil menjelaskan seluruh jajaran anak buahnya yang bertugas ke lapangan adalah untuk menegakan aturan PPKM darurat, sehingga tidak menghambat jalannya roda ekonomi dari para pedagang.

"Apakah kami pernah melarang mereka berjualan? Yang terjadi adalah kami mengatur," ucap Fadil di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (18/7/2021).

Oleh sebab, ia mengklaim selama penerapan PPKM darurat, pihaknya tidak pernah bermasalah dengan para pedagang untuk menegakan aturan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Jokowi Nilai Kampanye Penggunaan Masker di Indonesia Belum Maksimal

"Alhamdulillah sampai hari ini di Jakarta tidak ada gesekan yang terjadi," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta para aparat yang bertugas di lapangan selama PPKM Darurat tidak bersikap keras dan kasar, dan seharusnya bersikap santun dalam mengatur masyarakat maupun para pedagang.

"Saya minta kepada Polri dan juga nanti Mendagri kepada (pemerintah) daerah, agar jangan keras dan kasar, (tetapi harus) tegas dan santun. Tapi sosialisasi memberikan ajakan-ajakan, sambil membagi beras, itu mungkin bisa sampai pesannya," ucap Jokowi saat memimpin rapat terbatas secara virtual mengenai evaluasi PPKM Darurat dalam akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/7/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X