Kisah Miris Pencari Suaka di Kebon Sirih

- Rabu, 10 Juli 2019 | 10:02 WIB
Kolase/ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Kolase/ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Trotoar jalanan Kebon Sirih mendadak ramai. Banyak orang yang menggelar alas dan tenda untuk "hidup" sementara di sana.

Mereka adalah para pencari suaka. Ada 241 orang pencari suaka yang tinggal di trotoar jalan Kebon Sirih, sejak beberapa hari lalu. 

Kebanyakan dari mereka berasal dari Afganistan. Mereka berharap dapat ditempatkan negara lain. Kini, nasib mereka terkatung-katung.

Sebelumnya, para pengungsi tinggal di community house, yakni rumah-rumah yang disewa sementara untuk tempat tinggal mereka. 

-
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

 

Kementerian Luar Negeri menilai masalah pengungsi sebenarnya bukan tanggung jawab pemerintah, melainkan Badan Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR). Sebenarnya sulit bagi Indonesia untuk menangani masalah ini karena di luar ranah pemerintah.

"Ya pada dasarnya kemanusiaan saja. Selama kami mampu, kami bantu," ujar Pelaksana tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.

 

Bakal Direlokasi

Rencananya, para pencari suaka di Kebon Sirih bakal dipindahkan ke Islamic Centre, Jakarta Utara. Keputusan ini diambil Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi setelah meninjau lokasi pengungsian di Kebon Sirih.

"Kami sebagai pemerintah daerah melihat manusia pakai tenda apalagi di wilayah tempat perkantoran itu enggak baik," kata Prasetio.

-
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

 

Hal ini disambut gembira pencari suaka. Mereka mengakui lokasi yang ada saat ini sangat tidak layak untuk jadi tempat tinggal. 

Sebut saja Nusaibah yang memiliki bayi berusia 16 bulan. Dia sudah sejak lama ingin mendapatkan tempat yang lebih layak. "Pasti senang karena tidak dingin dan anak nyaman," ujarnya. 

 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X