Yurianto: 125 Ribu Rapid Test Kit Telah Dikirim ke 34 Provinsi

- Selasa, 24 Maret 2020 | 22:39 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto. (photo/ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto. (photo/ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Setelah dibelinya alat deteksi cepat dari luar negeri, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan bahwa pemerintah sudah mengirimkan 125 ribu rapid test kit ke 34 provinsi.

"Saat ini kita sudah mendistribusikan 125 ribu rapid test kit atau alat tes cepat untuk pemeriksaan cepat ke 34 provinsi," kata Achmad Yurianto di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Berdasarkan penjelasan Yuri, nantinya pemerintah provinsi yang akan menentukan pemeriksaan cepat pertama untuk kontak terdekat kasus positif. Kemudian, setelahnya para petugas kesehatan yang terlibat dalam layanan langsung Covid-19 akan diperiksa.

Ia juga mengatakan bahwa pendistribusian selanjutnya akan dikirimkan dengan jumlah yang lebih besar.

"Di dalam konteks pemeriksaan rapid test ini kita sudah menentukan kebijakan di mana tes ini akan dilakukan kepada kontak terdekat kasus positif yang sudah terkonfirmasi dan telah dirawat di rumah sakit atau kasus positif yang harus dilaksanakan isolasi diri di rumah," jelasnya.

Maka dari itu, ia juga mengatakan keluarga yang tinggal serumah dengan pasien yang dinyatakan positif juga harus diperiksa semuanya.

"Prioritas kedua adalah pemeriksaan terhadap tenaga medis yang terkait dengan layanan Covid-19, termasuk petugas front office rumah sakit. Mereka adalah kelompok sensitif yang rentan terinfeksi Covid-19," katanya.

"Pelaksanaan tes cepat akan didesentralisasikan ke fasilitas-fasilitas kesehatan yang terdapat di wilayah tersebut, seperti puskesmas, laboratorium daerah, rumah sakit pemerintah dan daerah," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X