Topan Francisco kemungkinan akan menyerang Korea pada hari Selasa

- Senin, 5 Agustus 2019 | 15:00 WIB
Foto: KMA website
Foto: KMA website

Topan Francisco diperkirakan akan melewati Semenanjung Korea setelah mendarat di pantai selatan negara itu pada Selasa malam.

Dilansir dari koreatimes.co.kr, topan itu bergerak ke barat laut dengan kecepatan 32 kilometer per jam dari sekitar 1.120 km timur-tenggara Kagoshima, Jepang, pada pukul 3 malam, dinyatakan oleh Administrasi Meteorologi Korea (KMA) mengatakan hari Minggu.

Francisco digolongkan hal "kecil" dengan tekanan sentral sebesar 990 hektopascal (hPa). Kecepatan angin maksimum yang berkelanjutan di dekat pusatnya adalah 86 kpj, atau 24 meter per detik.

Badai tropis diperkirakan bergerak sekitar 380 km ke timur laut Kagoshima pada pukul 3 sore. Senin, sekitar 170 km selatan-tenggara Tongyeong, dan Provinsi Gyeongsang Selatan, jam 3 sore pada hari Selasa.

Setelah mendarat di pantai selatan pada malam hari, kemudian diperkirakan akan bergerak ke utara dan sekitar 70 km utara-barat laut Chungju, Provinsi Chungcheong Utara, pada jam 3 malam hari Rabu.

Badai itu diperkirakan akan mengarah ke timur laut sebelum keluar dari semenanjung menuju Laut Timur pada Rabu malam, menurut prakiraan cuaca.

Tetapi mereka mengatakan Francisco bisa agak dilemahkan oleh suhu air yang relatif lebih rendah di lautan dan gesekan dari daerah daratan di Jepang dan Korea Selatan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X