Soal Evakuasi WNI Kru Diamond Princess, DPR: Jangan Kelamaan Mikir

- Selasa, 25 Februari 2020 | 15:11 WIB
Kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama, Jepang (REUTERS/Athit Perawongmetha).
Kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama, Jepang (REUTERS/Athit Perawongmetha).

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay, meminta pemerintah memberi kepastian dan segera mengevakuasi WNI kru kapal pesiar Diamond Princess, di Yokohama, Jepang. 

Dari 78 orang WNI, sembilan di antaranya positif terjangkit virus corona dan sudah dirawat di rumah sakit setempat. Adapun 69 orang lainnya masih menunggu keputusan dan kepastian dari Pemerintah Indonesia. 

"Sudah selayaknya, pemerintah tidak terlalu lama berpikir. Perlu langkah cepat dan aman mengevakuasi mereka. Kita memahami kekhawatiran pemerintah. Proses evakuasi harus dilakukan secara hati-hati dan aman. Meski demikian, bukan berarti menunggu terlalu lama untuk diambil tindakan," kata Saleh ketika dikonfirmasi, Selasa (25/2/2020).

Saleh menganggap para WNI kru Diamond Princess sangat khawatir dan ingin segera dievakuasi. Begitu pun keluarga mereka di Tanah Air, ingin mendapatkan kepastian terkait penanganan yang akan dilakukan pemerintah.

"Negara-negara lain kan sudah melakukan evakuasi. WNI kita tahu itu. Tentu mereka akan berkecil hati jika belum ada informasi pasti terkait rencana evakuasi kepada mereka. Secara psikologis, mereka tentunya akan terganggu," jelasnya.

Lagi pula, sambungnya, kapal tersebut diketahui membawa banyak penumpang dan kru yang positif terinfeksi virus corona. 

"Kalaupun tidak bisa langsung dibawa pulang ke Tanah Air, setidaknya mereka bisa dikeluarkan dulu dari kapal tersebut. Bagaimana caranya, tentu pemerintah yang lebih tahu. Apalagi sampai saat ini, menurut keterangan Kemenkes, komunikasi pihak perwakilan kita masih terus dilaksanakan dengan otoritas Jepang," tegasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X