Khusus Malam Tahun Baru, KRL Tambah Perjalanan & Jam Operasional

- Sabtu, 28 Desember 2019 | 09:55 WIB
ilustrasi aktivitas di KRL/ANTARA/Laily Rahmawaty
ilustrasi aktivitas di KRL/ANTARA/Laily Rahmawaty

Selain beroperasi hingga pukul 03.00 WIB, PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) sebagai operator kereta rel listrik (KRL) Commuter Line, juga akan menambah sebanyak 28 perjalanan KRL tambahan khusus malam tahun baru.

Dengan adanya tambahan ini, keberangkatan antar KRL akan berjalan selama kurang lebih 60 menit.

-
Aktivitas masyarakat di stasiun Tanah Abang/ANTARA/Citra Herman

“Sembilan perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Bogor/Depok-Kampung Bandan/Jakarta Kota pp, tujuh perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota pp, empat perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Rangkasbitung/Maja/Parungpanjang-Tanah Abang pp, dua perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Tangerang-Duri pp, dan enam perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Tanjungpriok – Jakartakota pp,” jelas Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (28/12).

Perjalanan KRL tambahan ini akan diberlakukan mulai pukul 22.27 WIB sampai pukul 03.00 WIB. Pihak KCI mengimbau, masyarakat yang ingin menggunakan KRL dapat menyesuaikan waktu menuju stasiun sebelum waktu operasional KRL berakhir.

Selain itu, PT KCI juga akan menambah petugas pelayanan, kebersihan, pengamanan hingga dua kali lipat serta menambah hingga 26 loket portable.

Loket ini akan tersebar di Stasiun Bogor, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Juanda, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Manggarai, Stasiun Lenteng Agung, Stasiun Sudimara, Stasiun Citayam, dan Stasiun Rangkasbitung.

Tak hanya itu, PT KCI juga menyediakan berbagai fasilitas seperti, pemasangan tenda antrian dan ruang tunggu di tujuh stasiun diantaranya di Stasiun Bogor, Stasiun Citayam, Stasiun Tambun, Stasiun Ancol, Stasiun Depok Baru, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Rangkasbitung.

Ada juga enam toilet portabel dari PT KCI yang terletak di Stasiun Lenteng Agung, Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman, Stasiun Citayam, Stasiun Rawabuntu, dan Stasiun Depok.

-
Stasiun palmerah/ANTARA/Devi Nindy

Untuk pengguna wanita menyusui yang menggunakan KCI, juga disediakan ruang laktasi. Ruang itu terletak di Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Palmerah, Stasiun Kebayoran, Stasiun Parung Panjang, Stasiun Cisauk, Stasiun Maja, Stasiun Citeras, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Tangerang, Stasiun Duri, Stasiun Bogor, Stasiun Bojong Gede, Stasiun Citayam, Stasiun Depok, Stasiun Depok Baru, Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Batu Ceper.

“Demi keamanan dan kenyamanan bersama, PT KCI menghimbau kepada para pengguna jasa untuk mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku di dalam stasiun maupun KRL, diantaranya tidak membawa petasan, kembang api, dan benda-benda lain yang mudah terbakar," ujar Anne.

"Bagi pengguna yang kedapatan membawa benda-benda tersebut di dalam KRL, maka akan disita oleh petugas. Jika pengguna tidak bersedia, maka akan diturunkan di stasiun terdekat,” sambungnya.

PT KCI juga mengimbau agar para pengguna tidak bermalam di stasiun. Setelah pukul 03.00 WIB, PT KCI akan menutup seluruh lokasi stasiun dan mensterilkan kawasan stasiun guna kepentingan pekerjaan pembersihan dan perawatan fasilitas stasiun, sehingga dapat kembali melayani para pengguna esok harinya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X