Banjir Jabodetabek, Kodam Jaya All Out Bantu Warga
Proses evakuasi pasien rumah sakit oleh prajurit Korem 052/Wijayakrama. (Kodam Jaya)
News

Banjir Jabodetabek, Kodam Jaya All Out Bantu Warga

Evakuasi hingga dapur umum.

Kamis, 02 Januari 2020 15:03 WIB 02 Januari 2020, 15:03 WIB

INDOZONE.ID - Hujan deras yang mengguyur kawasan Jabodetabek sejak Selasa (31/12) hingga Rabu (1/1), membuat sejumlah wilayah terendam banjir. Kodam Jaya/Jayakarta sebagai satuan teritorial TNI AD yang wilayahnya meliputi Kabupaten Bekasi (timur), Bojonggede (selatan) dan Kabupaten Bekasi (barat), mengerahkan personilnya untuk membantu masyarakat.

Hingga hari ini, Kamis (2/1), prajurit Kodam Jaya bersama personel instansi lain, masih berada di sejumlah lokasi banjir untuk membantu masyarakat, termasuk masyarakat di pengungsian-pengungsian.

"Kodam Jaya menerjunkan kekuatan maksimal untuk membantu masyarakat yang terkena dampak banjir. Kodam Jaya juga menyiapkan prajurit dan perlengkapan dengan kemungkinan cuaca terburuk. Kita juga membantu evakuasi banjir, membuat dapur lapangan yang disebar di titik-titik tertentu dan mendirikan balai pengobatan bagi korban banjir," jelas Kasdam Jaya Brigjen TNI Saleh Mustafa.

banjir jakarta, banjir jabodetabek
(Kodam Jaya)

Terpisah, Danrem 052/Wijayakrama Kolonel Inf Tribudi Utomo menuturkan, selain mengerahkan prajuritnya, jajaran Korem 052/Wijayakrama yang membawahi Kodim 0502/Jakarta Utara, Kodim 0502/Jakarta Barat, Kodim 0506/Tangerang dan Kodim 0510/Tigaraksa, juga bersinergi dengan satuan operasional dan instansi terkait. 

"Proses evakuasi ini kita menggunakan perahu karet, truk dinas hingga truk pemadam kebakaran. Kita bahu membahu bersama Yonif Mekanis 203/Arya Kamuning, Detasemen Rudal 003/ARK, hingga pemadam kebakaran dan tim medis," jelas Danrem 052/Wijayakrama Kolonel Inf Tri Budi Utomo.

banjir jakarta, banjir jabodetabek
(Kodam Jaya)

Seperti halnya jajaran Korem 052/Wijayakrama, prajurit Kodim Jaya/Jayakarta yang berada di jajaran Korem 051/Wijayakarta juga membantu dan mengevakuasi warga yang menjadi korban banjir di wilayah Kodim 0504/Jakarta Selatan, Kodim 0505/Jakarta Timur, Kodim 0507/Bekasi, Kodim 0508/Depok dan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi.

Prosesnya juga melibatkan satuan operasional seperti Yonif Mekanis 202/Tajimalela, hingga instasi terkait yang ada di masing-masing wilayah, termasuk aparatur pemerintahan daerah setempat. Selain membantu dengan mengerahkan personil, prajurit jajaran Kodam Jaya juga memberikan bantuan bagi korban banjir.

banjir jabodetabek, banjir jakarta
(Kodam Jaya)

"Kami memberikan bantuan Sembako bersama Kapolres Metro Jakarta Timur kepada warga yang rumahnya terendam, mendirikan posko banjir dan memonitor langsung lokasi banjir, memberikan bingkisan bagi warga yang rumahnya terendam, hingga mendirikan dapur umum untuk menyiapkan bantuan makanan siap makan bagi warga," papar Dandim 0505 Jakarta Timur Kolonel Inf Mohammad Mahfud As'at.

Pihak pemerintah daerah mengapresiasi kesigapan dan bantuan yang diberikan oleh jajaran Kodam Jaya/Jayakarta, dalam membantu masyarakat yang kebanjiran, baik bantuan tenaga maupun materiil. Misalnya saja Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. 

kodam jaya, banjir jabodetabek, kodim 0505 jakarta timur
(Kodam Jaya)

"Di Kabupaten Tangerang, ada dua kecamatan yang terdampak banjir parah, yakni Kecamatan Kelapa Dua dan Kecamatan Pagedangan. Ada sekitar 3.000 rumah yang terendam," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:


 

TAG
Fauzi
Fauzi

Fauzi

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU