Presiden Jokowi Meminta Warga Kalbar Untuk Jaga Lahan Dari Kebakaran

- Kamis, 5 September 2019 | 18:21 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)
(photo/ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Presiden Jokowi meminta masyarakat di Kalimantan Barat untuk menjaga lahannya masing-masing agar tidak terbakar, apalagi dibakar dengan sengaja. Hal ini disampaikannya saat membagikan sertifikat tanah.

"Ini saya sampaikan kepada masyarakat penerima sertifikat lahan, baik program PTSL, program Redistribusi atau program TORA untuk bisa menjaga lahannya dan jangan sampai dibakar karena dampaknya jelas tidak baik bagi kita semua," kata Jokowi, usai menyerahkan secara simbolis sertifikat lahan kepada 3.000 masyarakat Kalbar, di Pontianak, Kamis.

Dia mengatakan sudah meminta kepada setiap kepala daerah, Kapolri, dan Panglima TNI untuk bekerja ekstra dalam mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan di sejumlah daerah di negeri ini.

Tak hanya itu, dia juga sudah meminta Kementerian terkait agar menindak tegas perusahaan nakal yang membakar hutan atau lahan dengan sengaja.

"Tadi saya diberitahu Pak Gubernur Kalbar bahwa ada 97 perusahaan di Kalbar yang membakar lahan dan saya minta ini untuk ditindak tegas karena dari 97 perusahaan itu, 19 di antaranya lahannya sudah disegel dan ini merupakan tindakan tegas kita untuk mencegah kembali terjadi kebakaran hutan dan lahan," ujarrnya pula.

Sebelumnya, Gubernur Kalbar, Sutarmidji menegaskan pihaknya tak main-main dan akan memberikan sanksi tegas kepada perusahaan yang membakar lahan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X